BI-FAST Resmi Diluncurkan, Transfer Uang Cuma Rp 2.500

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 21 Des 2021 11:27 WIB
Close-up of hand entering PIN/pass code for a money transfer, on a ATM/bank machine keypad outside
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/PKpix
Jakarta -

Bank Indonesia resmi meluncurkan BI-Fast Payment atau BI-Fast. Dengan BI-Fast, skema harga transfer antar bank lebih murah.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim dengan semangat transformasi digital untuk akselerasi pemulihan ekonomi Indonesia dengan ini saya resmi peluncuran BI-Fast," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Peluncuran BI-Fast: Infrastruktur Sistem Pembayaran Ritel Nasional secara virtual, Selasa (21/12/2021).

Perry menyampaikan penetapan harga dari BI-Fast dari BI ke peserta ditetapkan Rp 19 per transaksi, sedangkan peserta ke nasabah ditetapkan maksimal Rp 2.500 per transaksi.

"Untuk itu kita telah menetapkan skema harga yang murah yaitu dari Bank Indonesia ke peserta sebesar Rp 19 dan dari peserta kepada nasabah maksimal Rp 2.500 per transaksi. Kami mengharap pelaku industri sistem pembayaran akan bergabung dan memanfaatkan BI-Fast ini untuk mampu melayani kebutuhan masyarakat," ujarnya.

BI-Fast diklaim menjadi sistem pembayaran ritel yang tanpa henti 24/7 dan real-time yang cepat, murah, mudah, aman dan handal. Lebih lanjut, BI-Fast juga diharapkan bisa mempercepat digital ekonomi keuangan nasional

"Untuk itu kami menciptakan sistem pembayaran yang lebih efisien untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi ekonomi dan keuangan yang cepat, mudah, murah, aman untuk konsolidasi ke industri nasional dan membangun ekosistem ekonomi keuangan digital membentuk unicorn unicorn nasional yang tangguh," jelasnya.

Pada peluncuran tahap pertama ini, sudah ada 21 bank yang telah siap menyediakan layanan pos calon peserta lainnya baik bank, hingga lembaga.

"Pada tahapan-tahapan berikutnya Insya Allah pada minggu ke-4 Januari 2022 juga akan peluncuran kembali. Bank Indonesia akan terus memberikan dukungan penuh bagi calon peserta dalam mempersiapkan aspek people proses maupun teknologi agar dapat segera bergabung dalam ekosistem BI-Fast," imbuhnya.

Sebagai informasi, dengan harga transaksi dengan BI-Fast Rp 2.500 artinya lebih murah dari sebelumnya menggunakan Sistem Kliring Nasional BI (SKNBI) Rp 2.900 dari bank kepada nasabah.

Sekadar informasi SKNBI ini adalah infrastruktur yang digunakan oleh BI dalam penyelenggaraan transfer dana dan kliring berjadwal untuk memproses data keuangan elektronik pada layanan transfer dana, layanan kliring warkat debet, layanan pembayaran reguler dan layanan penagihan reguler.

Lihat Video: Daftar 21 Bank dengan Biaya Transfer Cuma Rp 2.500, Termasuk Mega

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)