Baru 2 Bank Bisa Transfer Pakai BI-FAST, Ini Daftarnya

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 21 Des 2021 17:43 WIB
Close-up of hand entering PIN/pass code for a money transfer, on a ATM/bank machine keypad outside
Foto: Getty Images/iStockphoto/PKpix
Jakarta -

Bank Indonesia sudah meluncurkan BI-Fast Payment alias BI-Fast. Dengan layanan itu untuk transfer antarbank hanya dikenakan biaya Rp 2.500. Akan ada 21 bank yang bisa mengakses layanan itu, untuk tahap pertama.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan sementara ini, pihaknya mencatat, baru ada dua bank yang sudah menyediakan BI-Fast di aplikasi mobile banking, yaitu Bank Danamon dan Bank Mega.

"Sampai siang ini baru Danamon dan Mega yg sudah menyediakan update aplikasi mobile banking agar dapat mengakomodasi layanan BI Fast bagi nasabahnya. Untuk dapat memberikan layanan kepada nasabah bank masih memerlukan penyesuaian fitur layanan," katanya kepada detikcom, Selasa (21/12/2021).

Sementara untuk nasabah CIMB Niaga, akan bisa menggunakan layanan BI-Fast mulai tengah malam hari ini

"CIMB Niaga akan membuka corporate mobile banking after office hour hari ini, dan update untuk nasabah umum akan tersedia mulai tengah malam hari ini di app store," jelasnya.

Kemudian, untuk bank yang baru menyediakan BI-Fast via teller, ada Bank Sinarmas, OCBC NISP, dan BTN. "Tapi transaksinya relatif sedikit," tambahnya.

"Kami optimis 21 bank tadi itu akan segera menyelesaikan fitur layanan mereka kepada nasabah agar segera dapat memanfaatkan fasilitas ini," imbuhnya.

Lalu bagaimana cara menggunakan layanan BI-FAST? Klik halaman selanjutnya.

Tonton juga Video: Daftar 21 Bank dengan Biaya Transfer Cuma Rp 2.500

[Gambas:Video 20detik]