Jangan Keenakan! Paylater Bisa Bikin Hidup Nggak Tenang Lho

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 23 Des 2021 08:46 WIB
ilustrasi uang
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Beli sekarang dan bayar nanti alias paylater adalah salah satu layanan keuangan digital yang sedang ngetren. Layanan ini biasanya berkaitan dengan transaksi digital atau jual beli online.

Konsumen bisa melakukan pembelian tanpa harus mengeluarkan uang saat itu juga. Sama seperti kartu kredit, tapi bedanya paylater lebih mudah persyaratannya.

Nah syarat segala kemudahan itu terkadang malah menjadi jebakan buat diri sendiri karena kalap belanja. Kejadian ini bahkan juga terjadi di Amerika Serikat (AS).

Mengutip CNN, Kamis (23/12/2021), Lissette Monzon adalah salah satu pengguna paylater yang mengaku menyesal telah belanja yang di luar nalar dan menggunakan paylater.

Mozon yang berusia 54 tahun merupakan seorang guru bahasa Inggris sekolah menengah di Florida. Pada Oktober 2018, dia membeli sepatu bot Valentino seharga US$ 700 atau Rp 10 juta (kurs Rp 14.300).

Monzon tak mampu membendung keinginanya karena melihat aktris Blake Lively difoto mengenakan alas kaki itu berwarna ungu muda di Paris.

"Padahal itu uang yang banyak bagi saya, dan saya melunasinya sedikit demi sedikit," katanya.

Lihat juga video 'Tren Cashless Bikin Pengguna Traveloka PayLater Melonjak 10 Kali Lipat':

[Gambas:Video 20detik]



Paylater bisa bikin hidup tidak tenang. Berlanjut ke halaman berikutnya.