ADVERTISEMENT

Pembenahan BUMN Asuransi, Erick Thohir Diminta Tak Berhenti di Jiwasraya

- detikFinance
Senin, 27 Des 2021 12:15 WIB
Poster
Menteri BUMN Erick Thohir Foto: Edi Wahyono/detikcom
Jakarta -

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti Trubus Rahardiansyah mengapresiasi langkah penyelesaian polis asuransi Jiwasraya yang dilakukan Menteri Erick Thohir melalui PT Asuransi Jiwa Indonesia Financial Group (IFG life).

Menurutnya restrukturisasi yang dilakukan Erick Thohir sudah tepat. Langkah yang dilakukan Kementerian BUMN tersebut merupakan suatu upaya untuk terus menjamin dan memberikan layanan asuransi kepada nasabah Jiwasraya.

"Meskipun Jiwasraya saat ini mengalami gangguan keuangan atau collapse, namun nasabahnya terselamatkan. Sering kali banyak perusahaan asuransi tak bertanggung jawab terhadap nasabahnya. Restrukturisasi ini salah satu terobosan yang dilakukan Erick Thohir untuk menyelamatkan nasabah Jiwasraya," terang Trubus.

Dengan restrukturisasi polis yang dilakukan Erick Thohir terhadap nasabah Jiawasraya dinilai Trubus juga memberikan kepercayaan dan sentimen positif terhadap industri asuransi di Indonesia pada umumnya dan perusahaan asuransi BUMN pada khususnya. Saat ini kondisi asuransi perusahaan BUMN sudah mulai menunjukkan perbaikan. Public trust terhadap asuransi milik BUMN sudah mulai pulih.

"Memang restrukturisasi yang dilakukan Erick Thohir ini jalan yang panjang. Ini salah satu tugas terberat beliau sebagai Menteri BUMN. Dan ini sudah menunjukkan arah yang positif. Karut marut yang terjadi di perusahaan BUMN sudah terjadi cukup lama. Dan itu melukai perasaan publik. Karena konsumen hanya dijadikan korban akibat kebijakan pimpinan masa lalu yang amburadul," ungkap Trubus.

Trubus berharap restrukturisasi perusahaan asuransi yang dilakukan Erick Thohir tak hanya berhenti di Jiwasraya. Pengamat kebijakan publik ini berharap Erick Thohir mau membantu menyelesaikan permasalahan di ASABRI juga.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT