Respons Mahfud Md soal Pengakuan Tommy Soeharto Tak Punya Utang BLBI

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 01 Jan 2022 10:00 WIB
Mahfud Md bertemu dengan Jenderal Andika Perkasa
Menko Polhukam Mahfud Md/Foto: dok, Kemenko Polhukam
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menanggapi Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto yang mengaku tak memiliki utang BLBI.

Mahfud pun tak ambil pusing dan tidak masalah dengan pernyataan Tommy. Mahfud hanya mempertegas bahwa Satgas BLBI sudah menyita aset Tommy Soeharto.

"Ya, tak apa-apa. Kita sudah melakukan penyitaan sesuai vonis pengadilan," katanya kepada detikcom, Jumat (31/12/2021).

Mahfud tidak memberikan keterangan rinci mengenai sisa utang Tommy. Tahun depan, pihaknya berkomitmen makin kencang menagih dan menyita aset obligor dan kreditur utang BLBI.

"Pemerintah akan menagih dan menyiapkan berbagai langkah hukum untuk mengembalikan uang rakyat dan negara. Tahun 2022 ini langkah kita akan semakin kencang!" tegasnya.

Mahfud menegaskan tidak akan terpengaruh lagi dengan perdebatan yang dilakukan berbagai pihak mengenai penanganan kasus BLBI. Menurutnya, itulah penyebab lebih dari 20 tahun penagihan BLBI lamban. Menghindari perdebatan juga dilakukan agar triliunan uang negara tidak hilang begitu saja.

"Kalau berdebat terus, waktu ditabrak oleh kedaluwarsa, uang triliunan bisa hilang. Silahkan yang mau meneruskan debat berdebatlah, Pemerintah akan menagih dan menyiapkan berbagai langkah hukum untuk mengembalikan uang rakyat dan negara," ucapnya.

Tonton video 'Blak-blakan Prof Mahfud Md: Mba Tutut Tak Terkait BLBI':

[Gambas:Video 20detik]



Berlanjut ke halaman berikutnya.