ADVERTISEMENT

Terdepan! China Kini Punya Dompet Sendiri buat Yuan Digital

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 05 Jan 2022 08:37 WIB
Mata Uang Yuan
Ilustrasi/Foto: Chinadaily.com
Jakarta -

Bank sentral China telah meluncurkan versi percontohan aplikasi dompet untuk yuan digital. Dengan demikian, penggunaan uang digital akan semakin luas.

Dikutip dari CNBC, Rabu (5/1/2022), aplikasi ini tersedia di toko Android China dan Apple. Hal itu memungkinkan orang untuk membuka dompet yuan digital dan membelanjakan uangnya.

Yuan digital atau e-CNY adalah versi digital dari mata uang China dan telah dibuat sejak tahun 2014. Uang ini bukanlah kripto seperti bitcoin. Yuan digital sendiri dikeluarkan dan dikendalikan oleh Bank Sentral China.

Sejauh ini, China telah melakukan sejumlah uji coba dalam bentuk lotere di mana pengguna di kota-kota tertentu telah diberikan sejumlah kecil mata uang digital untuk dibelanjakan. Beberapa ritel, seperti e-commerce JD.com telah menerimanya sebagai pembayaran dalam satu tahun terakhir.

Meski begitu, yuan digital belum secara resmi diluncurkan secara nasional.

Aplikasi baru ini memungkinkan pengguna di 10 area termasuk kota besar Shanghai dan Beijing untuk menggunakannya. Sebelumnya, hanya pengguna tertentu yang dapat menggunakan aplikasi berdasarkan undangan.

Menurut pemberitahuan di aplikasi, area Olimpiade Musim Dingin Beijing adalah salah satu tempat yuan digital dapat digunakan. Olimpiade Musim Dingin yang berlangsung tahun ini di ibu kota China telah menjadi salah satu acara yang ditargetkan Bank Rakyat Tiongkok untuk membawa yuan digital.

Lihat juga Video: RI-China Sepakat Dagang Gunakan Rupiah & Yuan

[Gambas:Video 20detik]



(acd/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT