Mengenal Layanan Remitansi BNI, Permudah Kirim Uang Ke dan Dari LN

ADVERTISEMENT

Year In Review 2021

Mengenal Layanan Remitansi BNI, Permudah Kirim Uang Ke dan Dari LN

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 10 Jan 2022 15:57 WIB
BNI New York
Foto: BNI
Jakarta -

Pengiriman uang dari dan ke luar negeri sering kali dianggap sulit dan merepotkan, belum lagi perihal biaya juga kerap bikin masyarakat takut duluan. Untuk mengatasi masalah tersebut perbankan Indonesia ambil andil dalam menyediakan layanan remitansi demi membantu masyarakat salah satunya dengan layanan remitansi BNI.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) memenuhi kebutuhan pengiriman uang antar negara melalui hadirnya BNI Smart Remittance yang memberikan layanan terbaik untuk kiriman uang dalam dan luar negeri menggunakan valas (Outgoing Transfer) maupun dari luar negeri ke dalam negeri (Incoming Transfer).

Dilansir dari situs BNI, layanan ini didukung dengan SDM yang kompeten serta teknologi terkini. Sehingga, BNI Smart Remittance mampu mengirimkan uang untuk memenuhi kebutuhan pembayaran pengeluaran personal maupun corporate.

Pengiriman uang melalui layanan remitansi BNI ini pun bisa dilakukan dengan mudah, baik dengan datang langsung ke kantor cabang BNI atau melalui aplikasi Mobile Banking Personal. Tak hanya itu, layanan kirim uang BNI juga didukung dengan jaringan internasional BNI yang luas melalui 6 kantor cabang di luar negeri (Singapura, Hong Kong, Tokyo, Seoul, London dan New York), 1 sub cabang (Osaka) dan 1 representative office (Yangon) serta lebih dari 1.600 Bank koresponden di seluruh dunia.

Adapun layanan remitansi BNI mendukung kebutuhan pengiriman uang dari luar negeri (Incoming Transfer) serta pengiriman uang ke luar negeri (Outgoing/Outward Transfer) dengan detail sebagai berikut.

Incoming Transfer (ITR)

Layanan ini memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengirim uang dari luar negeri, terutama untuk para Pekerja Migran Indonesia di luar negeri. ITR dari BNI bisa melayani pengiriman uang ke rekening BNI ataupun rekening bank domestik Indonesia lainnya, selain BNI.

Ada juga BNI Mobile Remittance (BNI MoRe), inovasi digital BNI di luar negeri untuk memudahkan kiriman uang dari Singapura ke Indonesia yang dapat diakses melalui ponsel di mana saja dan kapan saja. Selain itu, layanan ITR BNI juga memiliki manfaat BNI Wesel PIN. Sehingga, kiriman uang dari luar negeri dapat diambil secara tunai di outlet BNI, Kantor Pos, Alfamart, Pegadaian, Agen 46 dan agen pembayar BNI Wesel PIN lainnya.

Adapun syarat yang harus disiapkan untuk melakukan transfer dari luar negeri ini cukup mudah, antara lain

● Pengirim datang ke agen pengirim/koresponden BNI di luar negeri dengan menyerahkan uang kiriman dan identitas, serta formulir kiriman uang atau melalui aplikasi digital koresponden.

● Membawa nomor PIN dan kartu identitas (berupa KTP/SIM) bagi penerima kiriman uang yang mengambil kiriman uang di cabang BNI melalui layanan BNI Wesel PIN.

● Kiriman uang yang diterima dalam rekening tabungan BNI dapat diambil melalui ATM BNI, outlet BNI ataupun Agen 46.

Outgoing Transfer (OTR)

Layanan ini memberikan fasilitas pengiriman uang dari dalam negeri ke rekening bank luar negeri dalam bentuk valuta asing. OTR BNI bisa dimanfaatkan oleh berbagai kalangan masyarakat, misalnya untuk para orang tua yang ingin mengirimkan uang kepada anaknya yang menempuh studi di luar negeri.

Layanan OTR dari BNI memiliki berbagai keunggulan, antara lain Multi Currencies, sehingga transfer uang dapat diterima dalam 125 jenis mata uang lokal di berbagai negara. Remitansi BNI juga memiliki produk Yuan Remittance, Won Remittance, serta Ringgit Remittance yang memudahkan kiriman uang ke China, Korea Selatan dan Malaysia.

Selain itu, BNI juga memiliki produk OTR Local Currency Settlement (LCS) yang mempermudah layanan kiriman uang untuk dapat dikirim dan diterima dalam mata uang Malaysia Ringgit dan Thailand Baht (MYR dan THB). Selanjutnya, ada fitur OTR Mobile yang dapat dimanfaatkan masyarakat melalui BNI Mobile Banking personal.

BNIFoto: BNI

Bagi masyarakat yang ingin mengirimkan uang ke luar negeri melalui kantor cabang BNI, Anda harus memastikan bahwa Anda merupakan nasabah BNI dan jangan lupa membawa buku tabungan ke cabang BNI serta membayar biaya kirim sesuai ketentuan. Selain itu, dokumen underlying yang sesuai dengan kebutuhan transaksi OTR pun perlu dipastikan untuk dibawa ke kantor cabang.

Adapun untuk biaya pengiriman ke luar negeri, BNI mengenakan biaya Swift Charge sebesar Rp 35.000. Sementara pengiriman uang dengan kurs yang sama (dalam dollar) dikenakan biaya mulai dari US$ 5-50 tergantung pada besaran uang yang ditransfer. Selain itu, ada juga biaya Ongkos Bank Korespondensi (OBK) yang diberlakukan sesuai masing-masing mata uang.

Misalnya, US$ 15 untuk mata uang Dollar Amerika Serikat, EUR 25 untuk mata uang Euro, AUD 25 untuk mata uang Dollar Australia, serta SGD 30 untuk mata uang Dollar Singapura.

Digitalisasi Layanan Transfer Uang Internasional

Henry Panjaitan yang kini menjadi Direktur Treasury & Internasional BNI pernah mengatakan pada 2018 lalu bahwa pengiriman uang kini bisa lebih rendah jika mengandalkan teknologi. Untuk itu, pihaknya menggandeng perusahaan financial technology lokal untuk membangun aplikasi pengiriman uang dari luar negeri bernama BNI Mobile Remittance yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah di Singapura.

"Biaya bisa turun sekali kirim hanya 5 dollar Singapura, ini karena dengan teknologi kita tidak perlu sewa gedung lagi. Jadi hanya dengan aplikasi, bisa lebih cepat pengiriman karena base-nya mobile banking," ujar Henry.

Menurutnya, dengan teknologi pengiriman uang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Melalui hadirnya aplikasi mobile berbasis dompet elektronik, PMI bisa melakukan isi ulang atau topup ke dompet kemudian bisa mengirimkannya langsung ke Indonesia.

Layanan BNI Mobile Banking juga diperkenalkan di Hong Kong sejak 2019 lalu yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi transfer uang ke Tanah Air dengan tarif yang murah.

Melalui hadirnya layanan digital dari Mobile Banking ini, PMI dapat bertransaksi lebih efisien dan fleksibel kapan dan di mana saja tanpa harus menunggu hari libur untuk mendatangi outlet bank.



Simak Video "Year In Review 2021: Inovasi Pemulihan Ekonomi Nasional di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT