Petani Dapat Penjaminan Kredit dari BUMN, Ini Manfaatnya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 13 Jan 2022 22:15 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Tangkapan Layar (Foto: YouTube Channel Setpres)
Jakarta -

Sejumlah strategi disiapkan Kementerian BUMN untuk meningkatkan produktivitas petani. Salah satunya, mendorong BUMN mempercepat realisasi Program Makmur.

Program Makmur merupakan ekosistem bagi petani yang menghubungkan petani dengan segala kebutuhan pertanian seperti teknologi pertanian, lembaga keuangan, asuransi, hingga off taker.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Program Makmur berbentuk pengawalan dan pendampingan intensif kepada petani dan budi daya pertanian yang didukung teknologi. Dia mengatakan, Program Makmur menjadi bukti penguatan ekosistem akan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani.

Erick tak menutup kemungkinan memperluas Program Makmur untuk para peternak dan nelayan ke depan.

"Program ini perubahan menyeluruh karena ada pembiayaan dan penggabungan petani dan RNI dan pihak swasta jadi off taker hasil rekan petani. Ke depannya untuk peternakan dan nelayan tapi bertahap di pertanian dulu," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (13/1/2022).

Untuk membantu mensukseskan program makmur tersebut, PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan sinergi dengan BUMN Holding Pangan, Holding Pupuk, PTPN, BRI, dan Asuransi Jasindo.

Berlanjut ke halaman berikutnya.