Apa Saja yang Berubah saat The Fed Naikkan Bunga Acuan Lagi?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 28 Jan 2022 09:55 WIB
Jerome Powell
Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Setelah menurunkan suku bunga menjadi nol pada Maret 2020 demi menghidupkan kembali perekonomian, Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve kini berencana untuk menaikkan suku bunga. Kebijakan ini ditempuh demi memerangi angka inflasi yang tinggi di negeri Paman Sam.

The Fed mengindikasikan akan menaikkan suku bunga pada Maret mendatang. Bank sentral berencana meluncurkan serangkaian kenaikan suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2015.

Dengan begitu, orang Amerika akan merasakan beberapa perubahan pada sektor perbankan dan keuangan dengan adanya kebijakan ini. Salah satunya adalah tidak ada lagi pinjaman gratis tanpa bunga.

"Untuk mendapatkan uang di bank tidak akan lagi gratis," kata Joe Brusuelas, kepala ekonom di RSM US, dilansir dari CNN, Jumat (28/1/2022).

Lalu, apa saja perubahan yang bakal terjadi dengan adanya kenaikan suku bunga oleh bank sentral Amerika Serikat?

Biaya Pinjaman Naik

Setiap kali The Fed menaikkan suku bunga hal itu akan membuat biaya lebih mahal untuk pinjaman bank. Artinya, biaya bunga yang lebih tinggi untuk kredit perumahan, kredit pendidikan, kredit kendaraan, hingga pemakaian kartu kredit personal. Pinjaman untuk usaha juga akan lebih mahal, baik untuk usaha besar dan kecil.

Perubahan paling nyata terlihat pada pinjaman hipotek, di mana ekspektasi kenaikan suku bunga telah mendorong bunga pinjaman yang meroket.

Tingkat rata-rata untuk suku bunga hipotek tetap 30 tahun baru-baru ini mencapai 3,55%, itu menjadi level tertinggi sejak Maret 2020. Jumlah itu naik tajam dari hanya 3,05% pada 23 Desember.

Suku bunga perumahan yang lebih tinggi juga dinilai akan membuat lebih sulit untuk membeli rumah yang harganya meroket selama COVID-19 di AS. Permintaan yang lebih lemah juga dapat mendinginkan harga, yang mulai melambat dalam beberapa bulan terakhir.

Lihat juga video 'Bank Tawarkan Bunga Tinggi, Hati-hati Tak Dicover LPS':

[Gambas:Video 20detik]