ADVERTISEMENT

Viral! Juru Parkir di Bali Terima Pembayaran Pakai QRIS

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 30 Jan 2022 15:01 WIB
QRIS
Qris/Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk berbagai transaksi non tunai di Indonesia sepertinya mulai merambah ke pembayaran hal-hal yang unik. Salah satunya untuk parkir.

Sebuah foto viral di media sosial yang memperlihatkan seorang pria berkaca mata yang menggunakan baju bertuliskan Juru Parkir. Dinarasikan, juru parkir tersebut ada di Gianyar, Bali.

Menariknya pria itu menunjukkan dua lembar kertas bergambar QR code yang diduga merupakan QRIS. Dua lembar kertas itu dia kalungkan ke lehernya.

Menurut penuturan berbagai warganet bahwa pria itu merupakan juru parkir di Alun-alun Astina, Gianyar, Bali. Pria itu diduga menjaga parkir untuk sepeda motor.

QRIS sendiri diluncurkan oleh Bank Indonesia untuk memungkinkan semua orang yang punya alat pembayaran baik e-wallet sampai mobile banking bisa melakukan transaksi.

Contohnya, si A punya alat pembayaran GoPay, lalu si B punya OVO kemudian si C punya BCA Mobile dan si D punya BNI Mobile Banking. Kemudian mereka ingin membayar di toko si E yang menyediakan QRIS. Mereka tetap bisa membayar walaupun alat pembayarannya berbeda.

Jadi tidak perlu scan kode QR khusus misalnya GoPay harus scan ke GoPay, OVO scan ke OVO. "Sesuai slogannya satu QR Code untuk semua pembayaran, apapun aplikasinya, scannya cukup di satu tempat, yakni QRIS," demikian keterangan QRIS dikutip Senin (4/10/2021).

QRIS ini diluncurkan bertepatan dengan HUT ke-74 Indonesia. Saat peluncuran itu Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan bahwa QRIS yang mengusung semangat UNGGUL (UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung), bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, untuk Indonesia Maju. Semangat ini sejalan dengan tema HUT ke-74 Kemerdekaan RI yaitu SDM Unggul Indonesia Maju.

[Gambas:Instagram]






Simak Video "UMKM Menjadi Salah Satu Fokus Dana Kembangkan Qris di Sulsel"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT