KB Bukopin Ancang-ancang Luncurkan Bank Digital

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 30 Jan 2022 15:30 WIB
KB Bukopin
Foto: KB Bukopin
Jakarta -

PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) semakin serius dengan rencana perusahaan memasuki industri keuangan digital. Rencana tersebut bakal direalisasikan lewat peluncuran bank digital dalam waktu dekat.

Terkuaknya rencana itu bisa dilihat dari sejumlah langkah strategis perusahaan salah satunya lewat penambahan ekosistem yang akan segera diumumkan awal Februari mendatang.

"Intinya memang transformasi kita ke ranah digital. Ini dibuktikan dengan kita sudah mulai projek NGBS (New Generation Banking System). Ini diadposi langsung dari Kookmin Bank," kata Corporate Secretary KB Bukopin Tias Hardi saat dihubungi Jumat (28/1/2022).

Untuk memperkuat ekosistem bank digital, Kookmin Bank, induk usaha KB Bukopin juga sudah aktif malakukan akuisisi terhadap sejumlah industri keuangan sektor digital.

"Bukopin kan sekarang saham pengendalinya KB Kookmin Bank. Itu bagaimana dari holding lebih besar lagi KB Financial Group (KBFG). KBFG ultimate shareholder, dia setahu kami baru saja mengakuisisi valbury, itu informasi yang saya dapat ya. Secara ultimate share holder, dia melalui Kookmin akusisi Bukopin, Kredit Plus juga sudah diakuisisi. Terus juga ada perusahaan pembiayaan. Ada yang langsung Under KBFG. Kemudian ada yang di bawah anak suahanya," beber dia.

Dihubungi terpisah, EVP Digital & Offline Channel Strategy KB Bukopin, Charles Budiman mengatakan, sejumlah aksi perusahaan dan grup usaha menjadi bukti keseriusan perusahaan memasuki industri bank digital.

"Benar kami sedang mengembangkan Bank Digital kami," tegasnnya.

(das/dna)