OJK Bakal Diisi Komisioner Baru, Sosok Seperti Apa yang Pantas?

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 13 Feb 2022 11:39 WIB
Ilustrasi Gedung Djuanda I dan Gedung Soemitro Djojohadikusumo
OJK/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Panitia Seleksi dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan tengah memproses pemilihan calon komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2022-2027. Dari 155 nama yang kini sedang disaring menuju tahap dua, sarat dengan pengalaman yang kuat di bidang keuangan, bisnis, investasi dan birokrasi.

Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro menilai Komisioner OJK nantinya harus memiliki kemampuan memahami dampak dari keputusan yang dibuatnya. Apalagi saat ini, pengaruh teknologi digital, mendominasi di industri keuangan, bisnis dan investasi.

"Ini dunianya sudah sedemikian maju, (komisioner) OJK harus tumbuh juga beyond the curve," ujar Ari dikutip Minggu (13/2/2022).

Menurut Ari, penting bagi pengambil keputusan untuk menganalisa berdasarkan data analytic yang beragam. Profesor ekonomi Universitas Indonesia itu melihat tipologi yang berkembang saat ini, menuntut pengambilan keputusan yang lebih modern, dengan data.

"Namanya evidence based. Tapi datanya itu diperoleh tak hanya dari FGD (Focus Group Discussion) tapi juga dari data analytic. Jadi perlu manajer yang bisa menentukan, sebetulnya informasi yang relevan itu, apa," ucapnya.

Ari menuturkan, saat sudah berada pada beberapa tingkat keputusan organisasi, bisa dilihat data analytic sangat berguna, membuat kemampuan connecting the dot, menjadi sangat penting.

"Dan ini dalam OJK itu, mikro sebetulnya. Dia berhubungan langsung dengan perilaku," kata Ari.

Oleh karena itu kemampuan memahami perilaku ndi lapangan juga penting bagi seorang pemimpin di OJK.

"Katakanlah di situ (OJK) dari akademisi, tapi tidak bisa turun ke lapangan, bisa ada kemungkinan data analytic itu menangkap variabel yang lain. Bisa beda. Karena itu, harus ada teamwork, collegial leadership," terangnya.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Saat Utut Adianto Sebut Wamenlu Mahendra Siregar Bakal Jadi Bos OJK"
[Gambas:Video 20detik]