Heboh 'Tinder Swindler' Indonesia, Ngaku Sultan Padahal Tipu Jutaan Rupiah

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 17 Mar 2022 11:35 WIB
Investasi Bodong
Foto: Investasi Bodong (Denny Pratama Putra/detikcom)
Jakarta -

Jagad media sosial Twitter tengah diramaikan dengan curhatan seorang warganet yang menceritakan tentang kisahnya saat dirinya tertipu oleh 'Tinder Swindler Indonesia'. Awalnya, curhatan tersebut dibagikan oleh akun Twitter @malamtanpakata.

Sebagai informasi, Tinder Swindler merupakan film dokumenter Netflix yang menceritakan tentang seorang penipu bersama Simon Leviev. Diceritakan bahwa Simon Leview berpura-pura sebagi orang kaya untuk kemudian menipu korbannya lewat aplikasi Tinder.

Kemudian ia akan meminta korban untuk transfer sejumlah uang yang akhirnya tak penah dikembalikan. Ternyata cerita penipuan seperti ini juga terjadi di dunia nyata. Pengalaman apes itu dialami oleh akun Twitter @malamtanpakata. Melalui cuitannya, menceritakan dirinya yang tertipu oleh Tinder Swindler Indonesia ini.

cerita tersebut bermula tentang perkenalannya dengan seseorang pria yang mengaku bernama James Daniel Sinaga. Dalam cuitannya tersebut, pelaku penipuan ini mengaku punya banyak pabrik.

"Di Bandung itu ada pabrik textile garment di 4 lokasi total 22rb karyawan, di Tangerang ada pabrik alat berat 820 orang karyawan, di APL Tower properti ada 500 karyawan, sisanya franchise ada mungkin 500 orangan dari mulai...," isi chat pelaku yang sebagaimana diunggah oleh @malamtanpakata.

Kemudian, korban mengaku ia sering diajak makan dan jalan-jalan.

"Kemudian dia sempet nawarin unit grand opening ibox yang masih sisa. Dengan cuman membayar pajaknya. Jadi aku cross check dong sama followers dia di instagram," cuit akun @malamtanpakata.

Hingga akhirnya, pria yang mengaku bernama James itu melancarkan aksinya dengan menawarkan barang elektronik mahal kepada korbannya. Setelah menawarkan barang elektronik mahal tersebut kepada korbannya, pelaku meminta transfer sejumlah uang dengan alasan bank sedang limit dan berjanji uang tersebut akan diganti saat mereka bertemu.

"Kemudian dia sempet nawarin unit grand opening ibox yang masih sisa. Dengan cuman membayar pajaknya. Jadi aku cross check dong sama followers dia di instagram (skrg ig nya udah deactive. @jdaniel.1992)" jelas pemilik akun.

"Sialnya aku tergiur dan mentransfer sejumlah uang ke rekening dengan atas nama Ramdani SE AK (Bank Permata). Karena kalau kalian ketemu secara langsung sama orang ini. Cara dia bicara, mannerism dll nya bisa bikin kalian percaya 100%. Dia bilang bank nya sedang limit dan perlu," tambahnya lagi.

Lihat Video: Red Flags di Dating Apps yang Wajib Kamu Tahu

[Gambas:Video 20detik]