ADVERTISEMENT

Profil Mahendra Siregar, Bos Baru OJK Pengganti Wimboh Santoso

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 07 Apr 2022 18:36 WIB
Mahendra Siregar, wamenlu, wakil menteri luar negeri
Foto: Mahendra Siregar. (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta -

Komisi XI DPR telah memutuskan nama nama anggota dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027.

Mahendra Siregar sudah terpilih menjadi Ketua Dewan Komisioner merangkap anggota OJK.

Pimpinan Rapat Kahar Muzakir mengungkapkan jika nama calon tersebut sudah disepakati secara mufakat. "Itulah bapak ibu dan saudara-saudara kesepakatan kami berdasarkan mufakat pada hari ini. Demikian dengan ini saya tutup," ujar dia, di Komisi XI DPR, (7/4/2022).

Berikut profil Mahendra Siregar:

Mahendra memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia di tahun 1986, dan menerima gelar Master Ekonomi dari Monash University, Australia di tahun 1991.

Dia merupakan mantan anggota dewan komisaris pada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, pertambangan, manufaktur, teknologi, barang konsumen dan infrastruktur.

Mahendra juga pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif Dewan Negara-negara Penghasil Minyak Sawit / Council for Palm Oil Producing Countries (CPOPC). Sebelumnya, beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Wakil Menteri Keuangan, Wakil Menteri Perdagangan, Ketua dan CEO Indonesia Exim bank dan wakil Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Pada 2019 dia diangkat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia pada tanggal 25 Oktober 2019. Sebelumnya pada awal April 2019, Duta Besar Siregar menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden AS sebagai sebagai Duta Besar Indonesia ke-19 untuk negara tersebut.

Bersambung halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT