ADVERTISEMENT

Mau Tukar Uang Receh Buat Lebaran, Cek di Sini Lokasinya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 11 Apr 2022 10:46 WIB
Pengantre menunggu di loket penukaran uang receh di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Selasa (7/6/2016). Penukaran uang tersebut dilayani oleh Bank Indonesia (BI) dengan aturan satu orang antrian satu penukaran. Batas maksimal penukaran sebanyak Rp 3,7 juta dengan pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 serta koin logam. Layanan ini akan berakhir 30 Juni mendatang dijaga oleh 2 personel polisi bersenjata laras panjang.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Hari raya Idul Fitri biasanya identik dengan uang receh baru dan dibagikan ke sanak keluarga. Karena itu Bank Indonesia (BI) bersama perbankan membuka layanan untuk menukar pecahan rupiah selama periode Ramadan tahun ini.

Ada beberapa lokasi penukaran misalnya melalui mobil kas perbankan yang tersedia di pasar, stasiun sampai terminal.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim menjelaskan ada 5.013 titik penukaran uang. Ini terdiri dari 453 titik penukaran di wilayah Jabodetabek dan 4.560 di luar wilayah Jabodebek yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Marlison menyebutkan penukaran uang ini mulai bisa dilakukan pada 4 April - 29 April 2022 mendatang.

Untuk penukaran uang di mobil kas perbankan, bisa dilakukan langsung di lokasi yang tersedia. Misalnya di Jabodebek di Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gebang dan Terminal Kalideres.

"Masing-masing tempat ada 3 bank. Stasiun Gambir ada BRI, BJB, BTN. Terminal Kampung Rambutan ada BCA, Bank OCBC NISP, CIMB Niaga. Terminal Pulo Gebang ada Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata. Terminal Kalideres ada BNI, Sinarmas dan Maybank," jelasnya.

Penukaran uang per orang dibatasi maksimal RP 3,8 juta dengan masing-masing pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000 dan Rp 20.000.

Marlison menyebut tak ada syarat khusus untuk penukaran uang ini. Untuk memudahkan antrean masyarakat bisa membuka website PINTAR dan membawa bukti pemesanan pada waktu dan lokasi yang dipilih.

"Syarat lain (seperti) KTP, surat vaksin, tidak. Jadi tidak ada persyaratan yang dilakukan untuk melakukan penukaran tersebut," imbuhnya.

Berikut daftar bank yang menyediakan layanan penukaran uang cek di sini

Simak video 'Trik Solo Kejar Target Booster 70% Sebelum Masa Mudik':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT