ADVERTISEMENT

Tukar Uang Baru Buat Lebaran Bisa Cuma Pakai Jempol

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 11 Apr 2022 12:33 WIB
Launching penukaran uang kertas baru di BI Jabar.
Foto: Bima Bagaskara/detikJabar
Jakarta -

Penukaran uang pecahan kecil sudah bisa dilakukan sejak 4 April 2022 sampai 29 April 2022 mendatang.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim mengungkapkan ada beberapa cara untuk menukarkan uang receh ini.

Pertama menukar di bank dan selanjutnya menukar di layanan kas keliling BI. Nah untuk layanan kas keliling ini masyarakat wajib mengisi pemesanan online lewat website pintar.bi.go.id.

Dia menyebut, dengan cara ini masyrakat bisa nyaman, mudah dan memperoleh kepastian. Dalam website tersebut masyarakat bisa memesan dengan memilih lokasi terdekat, jam dan jumlah uang yang ingin ditukar.

Setelah mengisi dan jika jadwal sudah keluar maka bisa dibawa bukti pemesanan ke lokasi tujuan. "Sehingga masyarakat tidak perlu lagi berdesak-desakan dan mencari di mana mobil kas keliling BI beroperasi," jelas dia.

Berikut ketentuan pemesanan penukaran uang. Marlison menjelaskan pemesanan bisa dilakukan selama kuota harian penukaran tersedia.

Lalu pemesanan dapat dilakukan mulai H-7 sebelum tanggal pelaksanaan penukaran kas keliling.

"Pemesanan menggunakan NIK-KTP. NIK-KTP yang telah digunakan untuk melakukan pemesanan penukaran dengan status menunggu pelaksanaan penukaran, tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan pemesanan penukaran," jelas dia.

Contohnya NIK A sudah digunakan untuk memesan penukaran 27 Desember 2021. Maka NIK tersebut tak bisa lagi digunakan untuk memesan sampai tanggal 27 Desember itu dan bisa digunakan pada tanggal 28 Desember 2021.

Bukti pemesanan penukaran akan dikirim via email atau bisa langsung diunduh pada saat selesai mengisi data.

Lihat juga video 'Puncak Mudik Lebaran Diprediksi 29 April, Arus Balik 8 Mei':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT