Jangan Panik! Lakukan Hal Ini Jika Kartu ATM Tertelan Mesin

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Kamis, 12 Mei 2022 07:15 WIB
ELMONT, NY - JUNE 07: during the Belmont Stakes at Belmont Park on June 7, 2014 in Elmont, New York.  (Photo by Mike Ehrmann/Getty Images)
Jangan Panik! Lakukan Hal Ini Jika Kartu ATM Tertelan Mesin/Foto: Mike Ehrmann/Getty Images
Jakarta -

Kendala teknis pada mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), seperti kartu yang tiba-tiba tertelan menjadi banyak keluhan nasabah. Bahkan, banyak nasabah yang panik ketika hal itu terjadi.

Pengamat Perbankan & Staf Khusus Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ryan Kiryanto mengatakan nasabah tidak perlu panik. Nasabah bisa langsung melaporkannya kepada pihak bank.

"Pertama tidak perlu panik. Nasabah segera lapor ke banknya. Atau segera telepon melalui hotline bank. Lalu, jelaskan kapan tanggal dan di mana kejadiannya," kata Ryan kepada detikcom, Rabu (11/5/2022).

Ia menjelaskan nantinya pihak bank memberikan arahan. Biasanya dengan menyarankan untuk memblokir kartu ATM tersebut.

"ATM nanti biasanya akan diblokir. Jadi, kalau kartu ATM-nya ditemukanya nanti nggak bisa dipakai orang lain," katanya.

Ryan juga mengatakan bahwa nasabah untuk menanyakan dan meminta kejelasan kapan untuk bisa memperoleh pengganti kartu ATM yang tertelan.

"Penting juga untuk nasabah menanyakan dan minta penjelasan kapan bisa memperoleh ATM pengganti yang tertelan. Biasanya pihak bank akan mengarahkan dan menyuruh kita untuk mendatangi kantor cabang terdekat," jelas Ryan.

(ara/ara)