Zaman Makin Maju! Akses Layanan Bank Kini Tinggal Rebahan 'Mainin Jari'

ADVERTISEMENT

Zaman Makin Maju! Akses Layanan Bank Kini Tinggal Rebahan 'Mainin Jari'

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 12 Mei 2022 11:06 WIB
MENIMBANG PENDIRIAN BANK DIGITAL DI INDONESIA
Foto: detik
Jakarta -

Layanan perbankan terus berevolusi dari tahun ke tahun. Jika dulunya nasabah harus datang dan membawa uang serta buku tabungan ke kantor bank untuk bertransaksi, kini, cuma modal jempol dan smartphone nasabah sudah bisa melakukan transaksi.

Seperti membayar, mengirimkan uang sampai melakukan pemesanan tiket dalam satu aplikasi bank.

Dalam cetak biru Transformasi Digital Perbankan yang diterbitkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) transformasi digital di sektor keuangan merupakan keniscayaan.

Publik menuntut layanan keuangan yang cepat, efisien dan bisa dilakukan dari mana saja.


"Layanan Perbankan Digital adalah layanan bagi nasabah bank untuk memperoleh informasi, komunikasi dan transaksi melalui media elektronik yang dikembangkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan data nasabah dalam rangka melayani nasabah dengan cepat, mudah dan sesuai kebutuhan serta dapat dilakukan secara mandiri," tulis POJK Nomor 12/POJK.03/2018, dikutip Kamis (12/5/2022).Dikutip dari laman resmi sikapiuangmu.ojk.go.id disebutkan layanan perbankan digital ini sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan layanan dan bertransaksi.

Dalam POJK juga disebutkan calon atau nasabah bank bisa bertransaksi seperti registrasi, membuka rekening, transaksi seperti tarik tunai, transfer dan pembayaran, menutup rekening bisa dilakukan dalam satu aplikasi.

Kemudian nasabah juga bisa memperoleh informasi lain dan transaksi di luar produk perbankan, antara lain nasihat keuangan, investasi, transaksi sistem perdagangan berbasis elektronik dan kebutuhan lainnya dari nasabah bank.

Layanan bank digital juga bisa diakses di manapun selama 24 jam asal terhubung dengan jaringan internet, keamanan yang lebih baik dengan proteksi yang berlapis.

"Mudah dalam bertransaksi maupun otorisasi transaksi, cepat dan praktis karena tidak perlu antre di kantor cabang bank dan tentu membuat biaya menjadi lebih hemat," jelasnya.

Bank digital di Indonesia kini sudah beragam. Misalnya Allo Bank, bank digital milik CT Corp ini membidik semua generasi mulai dari kolonial, milenial sampai zilenial.

Founder and Chairman CT Corpora sekaligus Ultimate Shareholder Allo Bank Chairul Tanjung mengungkapkan sebagai bank digital yang baru meramaikan pasar, Allo Bank memberikan berbagai benefit yang berkaitan langsung dengan ekosistem dari CT Corp. Seperti diskon langsung belanja di Transmart dan merek makanan atau minuman di bawah naungan CT Corp.

Tak cuma Allo Bank saat ini ada beberapa bank digital seperti blu by BCA Digital, Bank Neo Commerce, Bank Jago, Sea Bank sampai Line Bank.

(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT