Semua Serba Digital, Begini Cara Bank Syariah buat Ikutan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 12 Mei 2022 22:15 WIB
Ilustrasi teknologi digital
Foto: Dok. Ayoconnect
Jakarta -

Perbankan syariah di Indonesia saat ini terus berkembang. Karena itu bank syariah wajib meningkatkan teknologi untuk pelayanan yang maksimal bagi masyarakat.

Bank syariah juga diminta untuk menghadirkan solusi finansial yang aman, cepat dan berkelas global yang didukung dengan teknologi yang mumpuni.

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan Ayoconnect melalui pengembangan solusi berbasis teknologi Open Banking yang dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman BSI dan Ayoconnect mengenai layanan API open banking dan program-program lainnya.

Saat ini BSI memiliki layanan open banking dengan konsep Bank as a Service (BaaS), dan akan diperluas melalui jaringan yang dimiliki oleh Ayoconnect.

Penjajakan kerjasama antara BSI dan Ayoconnect ini nantinya akan memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat yang ingin menikmati layanan Bank Syariah Indonesia dengan aman, mudah dan cepat melalui sistem yang terintegrasi API dan terdaftar resmi di OJK.

Direktur Information Technology BSI Achmad Syafii mengatakan inovasi digital menjadi salah satu strategi yang terus dibangun BSI untuk mempercepat inklusi perbankan syariah.

"Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan mampu mendorong aktivasi masyarakat untuk menjadikan Bank Syariah sebagai pilihan financial solution bank," kata dia dalam siaran pers, Kamis (12/5/2022).

Dia mengungkapkan BSI berupaya penuh mempercepat akselerasi digital dan pengembangan ekosistem syariah melalui open banking, yang nantinya Ayoconnect sebagai platform Open Finance pengembang solusi berbasis teknologi Open Banking dapat mempercepat pertumbuhan inklusi ekonomi syariah melalui integrasi sistem BSI yang dikembangkan bersama Ayoconnect, serta mendorong lebih banyak lagi muslimpreneur untuk memanfaatkan layanan BSI melalui API open banking ini.

Lanjut di halaman berikutnya.