Selain Komisaris OVO, Mirza Adityaswara Juga Lepas Jabatan Dirut LPPI

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 24 Mei 2022 11:02 WIB
Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Mirza Adityaswara mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Utama Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) per 23 Mei 2022. Hal itu dilakukan usai dirinya terpilih sebagai Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) 2022-2027.

"Pengunduran diri Mirza Adityaswara sebagai Direktur Utama LPPI tersebut sehubungan dengan amanah dan pengabdian baru yang dipercayakan negara yakni sebagai Wakil Ketua DK OJK, merangkap Ketua Komite Etik periode 2022-2027," kata Kepala Divisi Corporate Secretary LPPI Prima Firiasari dalam keterangan tertulis, Selasa (24/5/2022).

Dalam hal ini LPPI telah menunjuk Edy Setiadi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama, yang saat ini juga menjabat sebagai Direktur LPPI. Rangkap jabatan ini dilakukan sampai pengangkatan pejabat definitif Direktur Utama LPPI yang baru.

"LPPI menyampaikan penghargaan tertinggi dan ucapan terima kasih kepada Mirza Adityaswara atas kontribusi dan dedikasinya selama dua tahun berkarya dan memimpin transformasi LPPI, sebagai lembaga pendidikan dan tempat bagi industri keuangan untuk mengembangkan sumber daya yang mumpuni bagi pertumbuhan sektor jasa keuangan," tuturnya.

Sejak awal memimpin LPPI, Mirza Adityaswara disebut memiliki power of communication yang sangat baik dan memberikan teladan kepada generasi penerus LPPI pentingnya menjalin komunikasi secara eksternal maupun internal.

"Sehingga LPPI mampu melewati masa sulit selama pandemi dengan mendorong berbagai upaya pengembangan layanan dan perbaikan metode pelatihan, sejalan dengan upaya strategis yang memperhatikan masalah sosial dan ramah lingkungan sebagai implementasi dari praktik keuangan berkelanjutan," imbuhnya.

Hal tersebut diwujudkan dalam corporate planning LPPI dengan menempatkan LPPI sebagai Center of Sustainable Finance Knowledge (CSFK) dan salah satu SDGs Center yang ditetapkan Bappenas sejak tahun 2019. Kini di saat industri keuangan tengah memasuki era baru seiring dengan kemajuan teknologi digital, LPPI tetap menunjukkan komitmennya untuk menyediakan pelatihan yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan sejak tahun 2021.

"LPPI semakin mengokohkan diri sebagai lembaga penyedia training yang siap melayani kebutuhan klien baik secara online, offline maupun hybrid," demikian keterangan LPPI.

Sebelumnya Mirza juga telah mundur dari jabatannya sebagai Presiden Komisaris OVO. Keputusan ini diumumkan OVO lewat pernyataan tertulisnya setelah Mirza dilantik menjadi Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK RI) periode 2022-2027.

Lihat juga Video: Kisah Pejuang Hati, Pengorbanan Ibu untuk Anak Atresia Bilier

[Gambas:Video 20detik]



(aid/eds)