ADVERTISEMENT

LPS Pelototi Gerak Bunga Kredit Bank, Ini Hasilnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 25 Mei 2022 20:15 WIB
Kantor Pusat LPS
Foto: Danang Sugianto
Jakarta -

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan saat ini LPS memonitor perkembangan bunga kredit. Apa hasilnya

"Kalau kemungkinan (naik) pasti ada, dimonitor relatif terbatas untuk kenaikan bunga kredit," kata dia dalam konferensi pers, Rabu (25/5/2022).

Namun tidak akan naik dalam waktu dekat lantaran melimpahnya likuiditas di sistem bank. Menurut Purbaya dengan likuiditas ini tidak ada kenaikan harga atau bunga simpanan sehingga bunga kredit tidak naik.

"Meski dalam pengamatan kita tren (bunga kredit) dalam penurunan terbatas," jelasnya.

Sebelumnya Bank Indonesia (BI) mencatat di pasar uang, suku bunga IndONIA pada 27 April 2022 sebesar 2,81%, tidak jauh berbeda dibandingkan dengan level April 2021 yang sebesar 2,79%.

Di pasar dana, suku bunga deposito 1 bulan perbankan turun sebesar 80 bps sejak April 2021 menjadi 2,86% pada April 2022.

Di pasar kredit, suku bunga kredit baru lebih rendah 43 bps pada periode yang sama, sejalan dengan penurunan SBDK dan perbaikan persepsi risiko perbankan di tengah berlanjutnya pemulihan aktivitas ekonomi.

Perbankan melanjutkan dukungan pembiayaan ke sektor prioritas, dengan pemberian suku bunga kredit yang relatif lebih rendah dibandingkan kredit sektor non-prioritas.

Bank Indonesia memandang peran perbankan dalam penyaluran kredit/pembiayaan termasuk melalui penurunan suku bunga kredit dapat ditingkatkan guna semakin mendorong pemulihan ekonomi nasional.

(kil/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT