ADVERTISEMENT

Cara Bank Genjot Nasabah dari Kalangan Mahasiswa

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 29 Mei 2022 12:15 WIB
Hand holding Indonesian Rupiah (IDR) Red 100,000 bank notes currency from leather wallet on white background.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Anggi Dharma Prasetya
Jakarta -

Perbankan melakukan berbagai strategi agar terus tumbuh. Hal tersebut salah satunya dengan mendorong jumlah nasabah dari kalangan mahasiswa.

Hal itu seperti yang dilakukan Bank DKI yang telah melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penandatanganan MoU tersebut mencakup pemanfaatan layanan jasa dan produk perbankan yang ditandatangani oleh Direktur Ritel & Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi dan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Amany Burhanuddin Umar Lubis.

"Sejumlah produk dan layanan perbankan Bank DKI dan Unit Usaha Syariah Bank DKI siap mendukung transaksi pembayaran yang berlangsung di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di mana pada kerjasama ini meliputi layanan Cash Management System, pembukaan rekening giro dan payroll, serta pembukaan rekening mahasiswa reguler untuk kebutuhan tagihan uang kuliah rutin dan lainnya," kata Direktur Ritel & Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi dalam keterangannya, Minggu (29/5/2022).

Penandatanganan MoU Bank DKI dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menjadi bentuk dukungan Bank DKI dalam mendekatkan akses perbankan kepada dunia pendidikan, termasuk kepada para penerima KJMU di DKI Jakarta sebanyak 14.194 mahasiswa di mana 1.498 mahasiswa di antaranya berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lebih lanjut Babay Parid Wazdi menambahkan, salah satu kemudahan perbankan yang dapat diraih mahasiswa, dosen, maupun staff UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah kemudahan mengakses berbagai transaksi perbankan melalui aplikasi JakOne Mobile, mulai dari transfer antar rekening, cek saldo, pembayaran menggunakan metode scan QRIS, pembayaran di berbagai merchant hingga zakat dan donasi melalui berbagai lembaga maupun yayasan.

Ke depan, Bank DKI juga terus melakukan pengembangan terhadap produk dan layanan perbankan digital yang dimiliki Bank DKI melalui JakOne Community Apps untuk mengakomodasi perubahan perilaku nasabah dan masyarakat yang semakin bergerak ke arah layanan digital.

JakOne Community Apps merupakan layanan perbankan digital untuk mendorong penerapan inklusi keuangan serta melalui pengembangan produk dan layanan digital. Adapun JakOne Community Apps sendiri terdiri dari JakOne Mobile, JakOne Abank, JakOne Erte, JakOne Artri, dan Ancol Apps. Dan saat ini yang terbaru, Bank DKI juga menghadirkan layanan Mobile Cash Tarik Tunai tanpa kartu dan Cash Recycle Machine (CRM).

Selain pemanfaatan produk perbankan, dalam kerjasama ini juga disepakati bagi para mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah juga berkesempatan melakukan riset maupun program magang di Unit Kerja Bank DKI. Hal ini menjadi bentuk dukungan dan kepedulian Bank DKI dalam pengembangan wawasan perbankan bagi mahasiswa yang nantinya akan berkarir di bidang perbankan.

"Kami menyambut baik kerjasama yang terjalin dengan Bank DKI dalam rangka pemanfaatan produk dan layanan perbankan yang manfaatnya dapat meningkatkan kualitas layanan transaksi perbankan kepada mahasiswa dan staf UIN Syarif Hidayatullah Jakarta," kata Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Amany Burhanuddin Umar Lubis.



Simak Video "Yang Perlu Kamu Tahu Seputar Bank Digital Allo Bank"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT