ADVERTISEMENT

Kartu ATM Bank Daerah Bisa Dipakai di Luar Negeri?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 30 Mei 2022 16:15 WIB
Bank Dunia memprediksi laju pertumbuhan ekonomi RI tumbuh 4,4% di tahun 2021. Hal itu didasarkan pada peluncuran vaksin yang efektif pada kuartal pertama 2021.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Bank DKI menggandeng PT Rintis Sejahtera, selaku pengelola jaringan ATM PRIMA, untuk menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dalam rangka memperluas jaringan perbankan transaksi antar negara.

Penandatanganan MoU ini menjadikan Bank DKI sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) pertama dalam pengembangan jaringan transaksi pembayaran di luar negeri.

Direktur Teknologi & Operasional PT Bank DKI Amirul Wicaksono mengatakan pengembangan layanan kerjasama cross border tersebut, merupakan salah satu komitmen Bank DKI dalam memberikan layanan terbaik dan mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi domestik dan internasional.

"Melalui kerja sama ini, kebutuhan nasabah Bank DKI untuk dapat bertransaksi di luar negeri dengan menggunakan kartu ATM Bank DKI, akan dapat dipenuhi, khususnya bagi nasabah yang akan keluar negeri untuk berwisata, bekerja, berbisnis, belajar maupun untuk kebutuhan ibadah," katanya dalam keterangan resmi, Senin (30/5/2022).

Dia menuturkan kerja sama yang dijalin Bank DKI dengan PT Rintis Sejahtera merupakan bagian dari layanan transaksi cross border melalui jaringan ATM UnionPay International (UPI) dan APN (PayNet-Malaysia, ITMX-Thailand, KFTC-Korea).

Menurutnya, kehadiran UPI dan APN dalam kerjasama tersebut merupakan langkah strategic Bank DKI yang bermitra dengan PT Rintis Sejahtera untuk dapat lebih bersaing dengan bank swasta nasional dalam menyediakan layanan perbankan terpercaya.

"Bank DKI akan menjadi Issuer dan Acquirer, dimana akan terdapat dua jenis kartu debit yakni berlogo GPN dan berlogo UnionPay yang dapat digunakan di luar negeri," imbuhnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT