ADVERTISEMENT

Disebut Lebih Canggih dari Punya AS, ATM di RI Bisa Apa Saja?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 07 Jun 2022 16:12 WIB
ATM Bank BNI
Ilustrasi Mesin ATM (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Heboh mesin ATM Indonesia yang disebut lebih canggih dibanding mesin ATM bank di Amerika Serikat (AS). Hal ini karena mesin ATM RI memiliki beragam fasilitas dari pengiriman sampai pembayaran beragam layanan.

Pegiat Sektor Keuangan Rico Usthavia Frans mengungkapkan memang ATM di Indonesia memiliki banyak fitur. Hal ini karena AS ketinggalan dari sisi pembayaran.

"Sampai sekarang mereka masih ada yang pakai cek. Pembayaran elektronik tidak secepat China. Tapi mereka sepertinya sudah mulai mengejar ketinggalan," jelas dia saat dihubungi, Selasa(7/6/2022).

Rico menyebutkan, hal ini karena ketersediaan sarana. Di AS sarana pembayaran tahun 1980an sudah jauh lebih maju. Orang membayar tagihan atau bayar biasanya pakai cek dan tinggal kirim paka US Post.

"Jadi kebutuhan untuk transfer dan lain-lain tidak terlalu mendesak akhirnya complacent," jelas dia.

Sedangkan di Indonesia, karena sarana pembayaran saat itu belum bagus. Maka dicari jalan dengan menggunakan jaringan ATM termasuk tagihan.

Di China, menurut Rico mirip karena sarana pembayaran ritel tidak bagus. Sehingga mereka mencari terobosan dengan teknologi digital menggunakan mobile app atau QR.

Kira-kira mesin ATM di RI bisa apa saja ya?

BNI

Mesin ATM salah satu Bank BUMN ini memberikan layanan 24 jam untuk transaksi perbankan.

Adapun layanan yang diberikan dari mulai penarikan tunai, setoran tunai, cek saldo, transfer, registrasi e-channel dan berbagai jenis pembelian dan pembayaran tagihan.

Mengutip data yang dipaparkan corporate persentation BNI periode kuartal I 2022, jumlah mesin ATM BNI tercatat sebanyak 16.384 unit dengan transaksi Rp 163 triliun.

BNI juga memiliki beberapa jenis mesin yaitu ATM tunai sebagai transaksi penarikan tunai. ATM non tunai yaitu mesin ATM yang melayani transaksi perbankan kecuali untuk penarikan tunai dan setoran uang tunai.

Kemudian ATM setoran tunai yaitu mesin ATM yang memiliki fitur utama sebagai transaksi setoran uang tunai. Selanjutnya ATM setor tarik tunai yaitu mesin ATM yang memiliki fungsi ATM tarikan tunai, ATM non tunai dan ATM setoran tunai.

Ada juga BNI ATM drive thru untuk pengguna mobil dan ATM ride thru baik untuk pengguna sepeda motor.

Untuk fitur bagi nasabah ada transfer, tarik tunai, prabayar, pembelian pulsa sampai paket data.

Menariknya, ATM BNI memiliki fitur untuk melayani non nasabah BNI yang bisa untuk pembayaran kartu kredit banyak bank, pembayaran personal loan, bayar listrik, air PDAM, telepon, bayar sekolah atau universitas, asuransi.

Bisa juga untuk pembayaran layanan multimedia seperti TV kabel, transportasi seperti tiket pesawat, pembayaran cicilan multifinance, PBB, bayar STNK, PKB, multipayment, zakat, isi ulang GoPay dan pajak daerah.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Lihat juga Video: Kisah Dedy Delon, Air Mata di Balik Tawa Panglima Badut Indonesia

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT