ADVERTISEMENT

Mencari Alternatif Investasi Selain Deposito, Duit Bisa Jadi Lebih Banyak

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 17 Jun 2022 19:45 WIB
hand showing rupiah money from wallet isolated on white background
Mencari Alternatif Investasi Selain Deposito, Duit Bisa Jadi Lebih Banyak/Foto: Getty Images/iStockphoto/Dicky Algofari
Jakarta -

Dulu, deposito merupakan salah satu tempat untuk memarkirkan uang dan bisa mendapatkan imbal hasil yang lumayan. Risiko rendah dan proses pencairan yang mudah, membuat banyak orang menyimpan uang di tabungan berjangka itu.

Namun sekarang, bunga deposito makin menciut bahkan sudah ada bank yang memberikan bunga di kisaran 1%. Sedangkan bank digital masih lebih menarik di kisaran 4-6%.

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho mengungkapkan bunga deposito di bank terus turun dan semakin kecil, bahkan lebih kecil daripada tingkat inflasi. Oleh karena itu dalam memilih jenis simpanan, masyarakat perlu melihat kebutuhan dan apa saja yang bisa didapatkan dengan pilihan itu.

"Kalau dilihat dari inflasi, semakin lama makin kecil. Hanya saja deposito ada fitur yang bisa mengunci simpanan tapi juga tetap likuid," kata dia kepada detikcom, Jumat (17/6/2022).

Dia mengungkapkan untuk tingkat keamanan, deposito memang paling aman dan berisiko rendah dibandingkan reksa dana atau saham. Namun, imbal hasil yang didapatkan memang lebih kecil dibandingkan instrumen investasi lainnya.

"Meskipun imbal hasilnya deposito kurang menarik, tapi ada keunggulan lain seperti simpanan jangka panjang yang aman," jelas dia.

Perbandingan imbal hasil deposito dan obligasi di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT