ADVERTISEMENT

Dikikis Biaya Admin, Tabungan Rp 1 Juta di Bank Berapa Lama Ludesnya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 28 Jun 2022 15:15 WIB
Ilustrasi Tabungan Bokek
Ilustrasi Menghitung Tabungan di Bank. Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Produk tabungan di perbankan biasanya mengenakan biaya administrasi bulanan. Besarannya berbeda tergantung dari jenis yang digunakan dan syarat ketentuan yang sudah ditetapkan.

Ada beberapa bank yang mengenakan biaya administrasi dan tanpa biaya administrasi. Memang, ketika seorang nasabah menyimpan uang di bank dia juga akan mendapatkan sederet fasilitas dari bank.

Mulai dari keamanan penyimpanan, fasilitas penarikan uang tunai di berbagai wilayah sampai fasilitas transaksi mobile banking yang bisa dilakukan selama 24 jam setiap harinya. Ada juga bunga yang diberikan oleh bank, meskipun jumlahnya tidak terlalu besar jika simpanan tidak banyak.

Tapi jika kita memiliki simpanan Rp 1 juta dan tak digunakan dalam jangka waktu tertentu kira-kira akan habis berapa lama yah?

Berikut simulasi yang biayanya dikutip dari laman resmi bank: (Disclaimer, ini adalah simulasi hitungan biaya administrasi yang terpotong dari rekening bank. Jumlah dan waktu bisa berbeda sesuai dengan jenis produk tabungan dan bank yang mengeluarkan rekening. Jadi simulasi ini bukanlah hitungan yang pasti, karena ada juga bank yang menentukan batas saldo tertentu untuk dikenakan biaya administrasi).

Bank Mandiri

Jika A memiliki rekening Tabungan Rupiah Bank Mandiri sebesar Rp 1 juta. Lalu rekening tidak pernah dilakukan transaksi. Setiap bulannya dia akan dikenakan biaya admin Rp 12.500. Maka diperkirakan akan habis sekitar 80 bulan atau selama 6,6 tahun. Ini jika tidak terjadi kenaikan biaya admin atau bank tidak mengenakan biaya-biaya lainnya.

BNI

B memiliki tabungan BNI Taplus sebesar Rp 1 juta dan tidak pernah diambil. Biaya admin bulanan yang dikenakan adalah Rp 11 ribu per bulan. Dengan ketentuan minimum saldo di dalam rekening adalah Rp 150 ribu.

Ini artinya ada saldo Rp 850 ribu yang bisa terpotong biaya admin Rp 11 ribu. Uang ini akan habis selama 77 bulan atau 6,4 tahun. Sedangkan jika saldo sudah mencapai Rp 150 ribu maka biaya admin yang dikenakan adalah Rp 16 ribu karena ditambah denda Rp 5 ribu.

BCA

C memiliki tabungan Tahapan BCA dengan kategori Blue Paspor. Biaya administrasi yang dikenakan adalah Rp 15 ribu. Maka uang Rp 1 juta akan habis dalam jangka waktu 66,6 bulan atau sekitar 5,5 tahun.

CIMB Niaga

D memiliki tabungan dengan produk Octo Savers Konvensional. Dalam tabungan itu saldo minimum yang mengendap harus Rp 50 ribu. Biaya admin bulanan gratis asalkan saldo rata-rata bulanan di atas Rp 2 juta.

Nah, kali ini D hanya punya tabungan Rp 1 juta. Jadi akan dikenakan biaya admin per bulan Rp 17.500 per bulannya. Lalu CIMB Niaga juga mengenakan biaya dormant sebesar Rp 5.000 per bulan untuk rekening yang tidak aktif transaksi.

Asumsinya uang Rp 1 juta D akan habis dalam waktu sekitar 57 bulan atau sekitar 4,75 tahun. Ini belum memperhitungkan biaya dorman.



Simak Video "Yang Perlu Kamu Tahu Seputar Bank Digital Allo Bank"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT