ADVERTISEMENT

Kapan Bos Baru OJK Dilantik? Sri Mulyani Bilang Gini

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 05 Jul 2022 18:16 WIB
Logo OJK.
Foto: Istimewa
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati buka suara soal teka-teki waktu pelantikan bos baru Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sampai saat ini belum ada kejelasan kapan tepatnya jajaran Dewan Komisioner OJK terbaru akan dilantik.

Secara singkat Sri Mulyani bilang waktu pelantikan DK OJK diserahkan kepada Mahkamah Agung. Memang sesuai aturannya, susunan Dewan Komisioner OJK sendiri memang dilantik oleh Mahkamah Agung.

"Terserah dari Mahkamah Agung," kata Sri Mulyani singkat saat ditanyai wartawan usai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPR Jakarta, Selasa (5/7/2022).

Sebelumnya, Mei lalu ada rencana mempercepat pelantikan DK OJK baru. Dari informasi yang didapatkan detikcom, disebutkan jika pelantikan akan dilakukan pada 24 Mei 2022 di Mahkamah Agung. Padahal jika sesuai dengan masa jabatan DK OJK saat ini, pelantikan seharusnya dilakukan pada 20 Juli 2022 mendatang.

Bahkan di tanggal 23 Mei 2022 malam, akun YouTube resmi MA sudah menjadwalkan tayangan streaming secara langsung untuk pelantikan Dewan Komisoner OJK. Tayangan itu dijadwalkan pada 24 Mei 2022 pukul 9.30 WIB.

"PENGUCAPAN SUMPAH JABATAN DEWAN KOMISIONER OTORITAS JASA KEUANGAN DI HADAPAN KETUA MAHKAMAH AGUNG," tulis akun YouTube MA pada judul tayangan, dilihat detikcom Senin (23/5/2022) yang lalu.

Wajah jajaran DK OJK terbaru pun sudah terpampang pada poster yang ada di tayangan tersebut. Mahendra Siregar yang menjadi Ketua DK OJK terbaru berada di paling tengah.

Nah pembatalan pelantikan terungkap dari surat Sekretaris Mahkamah Agung yang diterima detikcom, Selasa (24/5/2022) yang lalu. Surat ini diteken Sekretaris Mahkamah Agung Hasbi. Di pagi hari tanggal 24 Mei pun jadwal tayangan YouTube yang dijadwalkan untuk pelantikan DK OJK baru hilang.

"Diberitahukan dengan hormat bahwa sehubungan dengan satu dan lain hal, maka Pengucapan Sumpah/Janji Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan yang semula akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 24 Mei 2022, ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan," bunyi surat tersebut.

Sebelumnya, Paripurna DPR telah memberikan restu kepada 7 nama pimpinan otoritas keuangan ini. Siapa saja Dewan Komisioner OJK 2022-2027 tersebut? Berikut ini daftarnya:

Ketua merangkap anggota : Mahendra Siregar

Wakil Ketua sebagai Ketua Komite Etik merangkap anggota : Mirza Adityaswara

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota : Dian Ediana Rae

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota : Inarno Djajadi

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap anggota : Ogi Prastomiyono

Ketua Dewan Audit merangkap anggota : Sophia Issabella Wattimena

Anggota yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen : Friderica Widyasari Dewi

Ketujuh Dewan Komisioner ini telah mengikuti rangkaian seleksi yang dilakukan pansel. Kemudian mereka juga telah mengikuti rangkaian uji kelayakan dan kepatutan di Komisi XI DPR RI.



Simak Video "Paripurna DPR Restui 7 Petinggi OJK, Dipimpin Mahendra Siregar"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT