ADVERTISEMENT

Orang Singapura-Thailand Bisa Transfer Uang Cuma via Nomor HP, RI Gimana?

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 14 Jul 2022 13:50 WIB
Woman sending money to her friend using mobile phone
Foto: Getty Images/iStockphoto/grinvalds
Nusa Dua -

Monetary Authority of Singapore (MAS) atau bank sentral Singapura mengatakan masyarakat Singapura dengan Thailand bisa saling transfer yang hanya dengan nomor handphone (HP). Jadi, tanpa nomor rekening bank.

Adapun aplikasi yang diluncurkan untuk bisa transfer antar negara tersebut PayNow Singapura dan sementara Thailand adalah PromptPay Thailand. Hal ini dikatakan dalam Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022.

"Orang di Singapura dan Thailand bisa saling mengirim uang dengan menggunakan nomor telepon. Tidak perlu tahu nomor rekening bank orang itu, hanya nomor ponsel dan perangkat selular," katanya dalam acara FEKDI 2022 Nusa Dua, Kamis (14/7/2022).

Bagaimana dengan Indonesia?

Dalam kesempatan berbeda, Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Fitria Irmi Triswati mengatakan BI-Fast juga akan bisa transfer hanya menggunakan nomor handphone.

"Singapura ini dengan nomor HP. Dari BI fast, kita gunakan proxy address (transfer dengan nomor HP), jadi buat pendaftarannya ini nggak perlu lagi menghafal nomor rekening, cukup dengan nomor telepon dan email saja," katanya dalam Taklimat Media, di Nusa Dua.

Sementara ini, BI tengah menjajaki perluasan penggunaan sistem pembayaran QR code lintas batas (cross-border) di beberapa negara tetangga, seperti Singapura dan Filipina.

"Ini perlu banyak aspek yang di-mapping bersama, kita harus lihat mana perusahaan switching yang sudah, sehingga ini sedang kita jajaki. Kendalannya ini bukan yang berarti, tapi kita lakukan perluasan yang lebih lanjut," tutupnya.



Simak Video "Muatannya di KMP Nusa Dua Rusak, Para Penumpang Merugi"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT