ADVERTISEMENT

Menjajal Tukar Uang Baru 2022 Pakai Aplikasi Bank Indonesia, Begini Caranya

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 18 Agu 2022 12:53 WIB
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) baru saja meluncurkan uang kertas rupiah baru emisi 2022. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan uang rupiah baru itu, bisa menukarkannya dengan melakukan pemesanan di aplikasi PINTAR dengan akses https://pintar.bi.go.id.

Pihak Bank Indonesia sebelumnya telah mengumumkan bahwa aplikasi PINTAR bisa diakses pukul 11.00 WIB. detikcom ikut menjajal pemesanan uang rupiah baru 2022. Jangan lupa untuk menyiapkan KTP, Nomor Telepon, dan Email aktif.

Berdasarkan pengalaman awal tepat pukul 11.00 WIB, situs https://pintar.bi.go.id belum langsung bisa dibuka. Saat mengakses website tersebut sempat mendapatkan penolakan dari sistem.

Kemudian beberapa saat, pukul 11.12 WIB detikcom sempat bisa membuka laman aplikasi PINTAR. Hanya saja ketika mencoba untuk langsung mengklik Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling, website tidak bisa diakses kembali dengan tertulis "Request limit is exceeded. Try again in 5 second."

Bank Indonesia sendiri belum memberikan keterangan penyebab hal itu terjadi. Setelah mencoba beberapa kali untuk di refresh, juga masih bertuliskan hal yang sama.

Akses aplikasi PINTAR baru bisa dibuka pada 11.19 WIB. Saat membuka aplikasi PINTAR, akan muncul sejumlah arahan dan pilihan untuk menukarkan uang di kas keliling Bank Indonesia.

Pada halaman utama, ada empat menu yang ditampilkan. Pertama Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling, Penukaran Uang Rupiah Rusak/Cacat, UPK 75 Tahun RI, Bantuan & Tanya Jawab dan Seputar Rupiah.

Untuk penukaran uang, pilih atau klik Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling. Nanti akan muncul arahan dan pemilihan Provinsi, untuk menentukan lokasi penukaran uangnya.

Setelah pilih Provinsi yang ditentukan, misalnya memilih DKI Jakarta. Kemudian klik 'Lihat Lokasi', nanti akan muncul lokasi, tanggal, dan waktu layanan kas keliling yang tersedia. Pilihlah lokasi terdekat dari rumah dan sesuaikan tanggal dan waktu yang tersedia, lalu klik 'Pilih' pada kanan tabel.

Setelah lokasi, tanggal dan waktu penukaran telah dipilih. Akan masuk ke halaman pengisian data pribadi, mulai dari NIK di KTP, nama lengkap sesuai KTP, nomor telepon, dan email aktif. Setelah terisi semua dan benar klik 'Lanjutkan'.

Kemudian, pemesanan akan masuk ke detail pecahan. Pilih penukaran Rupiah kertas TE 2022. Sebagai catatan, khusus untuk uang Rupiah kertas TE 2022, Sobat Rupiah dapat menukar dalam bentuk paket senilai Rp 200.000 dengan maksimal penukaran 5 (lima) paket senilai Rp 1.000.000.

Lanjut ke halaman berikutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT