Dulu Viral Satpam BCA Ramah ke Nasabah Sandal Jepit, Kini Kacab Jemput Kucing

ADVERTISEMENT

Dulu Viral Satpam BCA Ramah ke Nasabah Sandal Jepit, Kini Kacab Jemput Kucing

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 21 Agu 2022 23:00 WIB
Bank BCA optimis mengedepankan pelayanan maksimal jelang Natal dan Tahun Baru demi mengantisipasi kebutuhan perbankan nasabah.
Foto: Dok. Bank BCA
Jakarta -

Pelayanan yang diberikan Bank BCA kepada nasabahnya memang patut diacungi jempol. Bahkan, pelayanan bank tersebut kerap menarik simpati publik karena viral di media sosial.

Tahun lalu misalnya, media sosial dihebohkan oleh keramahan petugas keamanan atau satpam BCA. Netizen menyebut jika satpam BCA merupakan orang berseragam paling baik, ramah dan perhatian.

Ada juga Tiktokers yang membuat konten yakni dengan mendatangi Bank BCA menggunakan sandal jepit. Meski hanya menggunakan sandal jepit, perlakuan satpam kepada nasabah tetap ramah dan melayani dengan baik.

Dalam program Ask d'Boss detikcom, sebuah pertanyaan dari detikers masuk yang ditujukan kepada Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja.

"Pak kenapa satpam BCA selalu tersenyum ramah kepada nasabah walaupun nasabahnya pake sendal jepit?" tanya detikers bernama Arief Irawan pada 8 Maret 2021.

Menanggapi hal tersebut, Jahja mengungkapkan hal ini karena BCA selalu melatih petugas agar selalu bisa bersikap ramah dan tidak boleh membeda-bedakan nasabah hanya dari penampilan.

"Kita akan coba melatih petugas untuk tetap bisa bersikap ramah dan jangan membedakan. Jadi kita nggak boleh melihat, menilai orang hanya dengan penampilan," kata Jahja.

Menurut dia, nasabah tidak bisa ditebak hanya karena penampilan. Jika orang itu memang tidak memiliki kemampuan, senyum dianggap sebagai ucapan terima kasih dari bank karena telah berkenan untuk datang.

"Karena yang nasabah-nasabah di pasar juga kadang-kadang dia duitnya kencang pakai sendal jepit. Jangan kita lihat 'wah nih keren pasti banyak duitnya', belum tentu juga bisa, saja keren tapi penjahat," jelas dia.

-----
Kepala Cabang Jemput Kucing

Terbaru, kisah Kepala Cabang (Kacab) BCA rela jemput kucing demi nasabah viral di Twitter. Kisah itu bermula dari Kacab yang mulanya meminta satpam mengusir kucing yang biasa berkeliaran di depan kantor.

"Jadi adek gue kerja di BCA. Di kantor cabang adek gue tuh ada kucing suka nongkrong. Biasa deh mangkal depan kantor, atau tidur di motor yang parkir. Suatu hari kepala layanan minta tolong satpam buat usir si kucing," kata akun @l*l*l*n.

Di hari yang sama, ternyata ada nasabah yang menanyakan kucing tersebut. Satpam langsung memberikan informasi ke Kacab bahwa ada nasabah yang sedih mengetahui kucing tersebut dibuang.

Akhirnya kucing yang sempat dibuang dicari oleh satpam dan Kacab sendiri untuk kembali dibawa ke kantor.

"Akhirnya si meng dijemput pake mobil kepala cabang sama kepala layanan & satpam siang bolong. Ketemu 1 km dari kantor. Dibawa balik ke kantor cabang," jelas cerita yang disukai lebih dari 24.000 akun.

Terkait hal tersebut, Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn menjelaskan bahwa kejadian itu berlangsung pada tahun 2018 di Kantor Cabang BCA Muara Karang, Jakarta.

"Terkait informasi yang beredar di media sosial Twitter tersebut, berdasarkan penelusuran yang kami lakukan, kejadian tersebut berlangsung pada tahun 2018 di kantor cabang BCA Muara Karang Jakarta," ujarnya kepada detikcom.

(acd/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT