Demi Kenyamanan Nasabah, Perbankan Wajib Ikuti Perkembangan Digital

ADVERTISEMENT

Demi Kenyamanan Nasabah, Perbankan Wajib Ikuti Perkembangan Digital

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 23 Agu 2022 16:48 WIB
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk akan lebih fokus dalam memberikan layanan digital kepada masyarakat terkait dengan kebutuhan rumah. BTN telah menyiapkan layanan online KPR berbasis digital yang dapat dengan mudah diakses. Masyarakat sekarang akan lebih cepat mendapatkan informasi sekaligus layanan fasilitas KPR secara online melalui www.btnproperti.co.id. Terlihat seorang nasabah sedang berjalan di kantor bank BTN di Jakarta.
Foto: dok. Bank BTN
Jakarta -

Untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan memberikan kenyamanan kepada nasabah dalam bertransaksi perbankan harus mengikuti perkembangan teknologi digital.

Bank harus berinovasi layanan agar pendapatan meningkat, koneksi dengan pelanggan makin erat, hemat biaya dan menyederanakan operasional teknologi di balik layanan inovatif bank dan fintech.

Karena itu PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menggandeng Google Cloud Indonesia melalui partner lokal PT Multipolar Technology Tbk (Multipolar Technology) untuk penerapan komputasi awan.

"Kemitraan ini telah berjalan sejak kuartal 1 tahun 2022, dalam rangka mempercepat transformasi dan pemutakhiran layanan digital untuk mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan," ujar Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto, Selasa (23/8/2022).

Andi menyebut teknologi cloud mampu memberikan keunggulan berupa keandalan teknologi digital pada perusahaan, yang pada akhirnya meningkatkan daya saing serta kemampuan memberikan layanan yang lebih baik kepada para pelanggan, khususnya dalam upaya menjaring generasi milenial.

"Kami memahami tidak hanya diperlukan tekad yang kuat dan kerja keras yang nyata, tetapi juga pentingnya kolaborasi dengan penyedia teknologi inovasi yang tepat sambil tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, agar BTN dapat selalu yang terdepan dalam menyediakan layanan modern dan inovasi digital yang terpercaya," jelas dia.

Menurutnya untuk mewujudkan cita-cita Bank BTN menjadi The Best Mortgage Bank in Southeast Asia di tahun 2025, Perseroan perlu melakukan ekspansi yang cepat dan modernisasi proses bisnis. Untuk itu, digitalisasi bukan lagi pilihan tetapi keharusan, dan hal tersebut akan lebih mudah direalisasikan melalui teknologi informasi berbasis Cloud.

"Kemitraan dengan Google Cloud Indonesia dan Multipolar Technology sebagai mitra implementasi, adalah langkah penting bagi BTN menjadi inovator dalam layanan digital, transformasi digital yang lebih cepat, pengelolaan operasional yang lebih andal, dan biaya investasi yang relatif lebih baik. Yang juga tidak kalah penting adalah untuk menarik talenta-talenta terbaik Indonesia dari generasi milenial dengan pemanfaatan teknologi terkini," imbuh Andi.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT