BRI Pastikan Perubahan Tarif Transfer Jadi Rp 150 Ribu Hoax!

ADVERTISEMENT

BRI Pastikan Perubahan Tarif Transfer Jadi Rp 150 Ribu Hoax!

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 06 Sep 2022 17:03 WIB
ilustrasi hoax
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Sebuah surat pengumuman yang mengatasnamakan Bank Rakyat Indonesia (BRI) tersebar di nasabahnya. Surat tersebut mengenai perubahan tarif transfer antar bank.

Surat itu mengumumkan akan dilakukan perubahan tarif transfer antar bank dari Rp 6.500 per transaksi menjadi Rp 150.000 per bulan.

Bahkan katanya tarif itu dipungut dengan cara auto debet dari rekening tabungan, tapi berlaku secara unlimited.

Surat itu meminta nasabah untuk melakukan konfirmasi dengan memilih 2 pilihan, yakni setuju dengan tawaran itu atau tidak setuju. Pilihan itu harus dipilih nasabah dengan mengklik tautan yang diberikan.

Pihak BRI pun buka suara terkait hal tersebut. Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto memastikan perusahaan tidak melakukan pengumuman tersebut.

Hoax Perubahan Tarif Transfer Antar Bank BRIHoax Perubahan Tarif Transfer Antar Bank BRI Foto: Tangkapan Layar Medsos

"Hal tersebut dipastikan tidak benar," tuturnya saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (6/9/2022).

Dia menegaskan bahwa BRI hanya menggunakan saluran resmi website dan social media resmi (verified/centang biru) sebagai media komunikasi. Di antaranya:

Website: www.bri.co.id
IG: @bankbri_id
Twitter: bankbri_id, kontak bri, promo_bri
FB: Bank BRI
Youtube: Bank BRI

BRI pun menghimbau agar nasabah lebih berhati-hati dan tidak menginformasikan kerahasiaan data pribadi serta data perbankan seperti nomor rekening, nomor kartu, PIN, user & password internet banking, OTP, dan sebagainya kepada orang lain. Termasuk yang mengatasnamakan BRI, baik melalui tautan, website, maupun pesan singkat dari sumber tidak resmi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebab dikhawatirkan informasi tersebut merupakan modus penipuan social engineering. Jika nasabah terjebak kerugian nasabah dianggap sebagai kelalaian yang memberikan data rahasia sehingga BRI tidak akan bertanggung jawab. Lain cerita jika kerugian terjadi karena sistem perbankan.

Tonton juga Video: Daftar 21 Bank dengan Biaya Transfer Cuma Rp 2.500

[Gambas:Video 20detik]




(das/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT