ADVERTISEMENT

BNI Respons Wacana Akuisisi BTN: Tidak Ada di Corporate Plan

Erika Dyah - detikFinance
Selasa, 13 Sep 2022 19:50 WIB
Press Conference BNI
Foto: BNI
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menanggapi lebih lanjut mengenai wacana akuisisi pihaknya terhadap PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Direktur Finance BNI, Novita Widya Anggraini menegaskan wacana ini tidak ada dalam rencana aksi korporasi BNI.

"Nah, terkait wacana akuisisi BTN kami sampaikan bahwa rencana tersebut tidak ada dalam corporate plan BNI dan memang tidak ada arahan lebih lanjut dari pemegang saham untuk menjadikan akuisisi BTN ini menjadi aksi korporasi BNI. Sampai saat ini tidak ada rencana itu," ungkap Novita dalam Public Expose Live 2022 yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia secara virtual, Selasa (13/9/2022).

Diketahui, wacana ini sempat mengemuka karena pernyataan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam kunjungan kerjanya di Pondok Pesantren Teknologi Riau. Novita mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung rencana pengembangan bisnis oleh pemerintah. Namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Mulai dari aspek bisnis, apakah rencana tersebut dapat memberi dampak positif terhadap kinerja keuangan perusahaan. Serta pertimbangan untuk dapat memberi nilai tambah bagi pemegang saham dan negara. Pasalnya, saat ini saham BNI dimiliki pemerintah sebanyak 60% sementara 40% sisanya dipegang oleh pemegang saham minoritas.

Lebih lanjut, ia mengatakan pihaknya menitikberatkan fokus ada eksekusi agenda transformasi perusahaan (corporate transformation), yakni prioritas pada optimalisasi kontribusi perusahaan anak.

"Perusahaan anak eksisting ini jadi fokus utama kami untuk dieksekusi dan transformasi agar memiliki value added kepada BNI Grup," terangnya.

Adapun sejumlah aksi korporasi yang tengah pada perusahaan anak eksisting yang tengah digarap BNI antara lain sebagai berikut.

1. Transformasi Bank Mayora sebagai anak perusahaan baru menuju bank digital, yang nantinya akan menjadi new engine bagi BNI

2. Mengembangkan bisnis Sekuritas untuk mendukung 5 pilar bisnis BNI, terutama dalam hal corporate banking.

3. Serta mendorong bisnis BNI Multifinance

"Rasanya, fokus kami saat ini tetap konsisten mengeksekusi agenda corporate transformation dan tidak ada rencana lebih lanjut untuk melakukan corporate action akuisisi BTN," tegasnya.



Simak Video "Momen Sejumlah ABG 'SCBD' Tidur Ngemper di Dukuh Atas"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT