ADVERTISEMENT

Bjorka Bikin Geger, OJK Wanti-wanti Lembaga Keuangan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 13 Sep 2022 21:48 WIB
Akun twitter bjorka
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewanti-wanti lembaga keuangan menjaga data-data bisnis dan nasabahnya. Imbauan ini diberikan setelah serangan seorang hacker bernama Bjorka menghebohkan publik.

Bjorka menyebut dirinya telah banyak membocorkan dan meretas data-data penting di Indonesia. Mulai dari data kartu SIM hingga beberapa data pejabat negara di Indonesia.

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Ogi Prastimiyono mengingatkan dunia digital dari waktu ke waktu semakin canggih. Potensi kebocoran data bisa terjadi kapan saja.

IKNB, menurutnya juga berpotensi menjadi sasaran para hacker. Pasalnya, institusi negara hingga perusahaan besar saja bisa terkena serangan peretas.

"Di perusahaan besar pun berpotensi juga terjadi seperti itu (kebocoran data). Maka untuk yang asuransi dan sebagainya kita antisipasi lah untuk IKNB tentu tidak terjadi," ungkap Ogi dalam konferensi pers di OJK Infinity, bilangan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2022).

Ogi mengatakan imbauan sudah diberikan OJK kepada para perusahaan IKNB untuk berhati-hati dan mempersiapkan sistem keamanan data perusahaannya.

"Jadi memang masalah security itu menjadi perhatian. Tentunya, kami juga akan menyampaikan kepada industri jasa keuangan non bank yang kami awasi," ungkap Ogi.

Sebelumnya, hacker yang menyebut dirinya dengan nama Bjorka telah bikin heboh warganet di Indonesia. Bjorka mengklaim dirinya telah banyak membobol dan mencuri data-data penting mulai dari nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat rumah, dosis vaksinasi, tingkat pendidikan, dan nomor HP.

Bjorka menyebarkan data itu lewat channel pribadinya di telegram. Bukan cuma data-data penting tadi beberapa pejabat dan tokoh-tokoh publik juga ikut disenggol Bjorka.

(hal/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT