ADVERTISEMENT

Katanya Bjorka Bisa Dilacak Lewat Dompet Kripto, Pengamat: Dia Tidak Bodoh

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 13 Sep 2022 16:31 WIB
Cover album mini Bjork yang dipakai Bjorka
Foto: Bjork
Jakarta -

Aksi hacker Bjorka tengah jadi perbincangan hangat lantaran menyebarkan data pejabat RI. Terbaru, intelijen Darkweb, Darktracer mengungkapkan salah satu cara untuk melacak peretas Bjorka.

Darktracer melalui akun Twitternya menyebut peretas Bjorka bisa dilacak melalui transaksi mata uang kripto, Bitcoin. Namun ketika di cek detikcom di akun @darktracer_int, cuitan tersebut telah dihapus oleh sang pemilik akun.

"Ini adalah dompet cryptocurrency Bjorka. Ada transaksi di dompet bitcoin-nya. Ini bisa membantu melacaknya," tulisnya di akun @darktracer_int, dikutip melalui CNN, Selasa (13/09/2022).

Tidak hanya itu, masih dalam cuitan tersebut, Darktracer juga mengunggah link yang merujuk ke transaksi Bjorka serta tangkapan layar transaksi tersebut. Link yang dimaksud menunjukkan adanya dua transaksi yang diduga adalah dilakukan Bjorka.

"Alamat ini telah bertransaksi 2 kali di blockchain Bitcoin. Ia telah menerima total 0,00263008 BTC ($58,52) dan telah mengirim total 0,00263008 BTC ($58,52). Nilai saat ini dari alamat ini adalah 0,000000000 BTC ($0,00)," tulis keterangan dalam laman tersebut.

Laman tersebut juga turut menjelaskan rincian waktu transaksi terakhirnya, yakni transaksi senilai 0.00018984 BTC atau sekitar US$4,22 (Rp 62 ribu) pada Jumat (02/09/2022).

Sementara itu, Darktracer tidak menjelaskan secara rinci menyangkut bagaimana transaksi tersebut bisa digunakan untuk menemukan keberadaan Bjorka.

Lantas, apakah mungkin melacak Bjorka lewat transaksi kripto?

Menanggapi hal tersebut, Financial Educator Angga Andinata mengatakan, bisa saja melacak Bjorka lewat transaksi kripto. Hanya saja, langkah ini agak sulit lantaran diperlukan kemampuan dengan skill khusus.

"Bisa aja. Kan si hacker Bitfinex juga ketangkap setelah 7 tahun. Tapi cari orang yang bisa crypto forensic jarang ada," ungkap Angga, kepada detikcom, Selasa (13/09/2022).

Pada dasarnya, Angga menjelaskan, transaksi kripto memang transparan, hanya saja identitas wallet atau dompet kriptonya anonim atau tanpa nama. Oleh karena itu, transaksi Bitcoin Bjorka bisa terlacak asal tahu private addressnya.

"Tapi Bjorka pasti nggak sebodoh itu. Karena Bjorka akan kasih public address nya," jelas Angga.

"Khusus Bitcoin agak beda, karena Bitcoin bisa generate multiple public key untuk terima dana saja. Ini yang mungkin agak tricky," tambahnya.

Dengan kata lain, cara ini mungkin dilakukan untuk melacak Bjorka, hanya saja pemerintah perlu melakukan usaha ekstra yang tidaklah mudah.

Perlu diketahui, beberapa data para pejabat RI telah menjadi korban dan tersebar ke publik oleh Bjorka. Sebut saja beberapa di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan. Tidak hanya itu, Bjorka juga mencolek seorang pegiat media sosial bernama Denny Siregar.

Simak juga Video: Banyak Netizen yang Pro ke Bjorka, Ini Kata Pakar

[Gambas:Video 20detik]



(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT