ADVERTISEMENT

Bjorka Bocorkan Data Bikin Heboh, Data Nasabah di Bank Aman?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 14 Sep 2022 17:22 WIB
kejahatan cyber
Ilustrasi/Foto: Internet
Jakarta -

Isu kebocoran data masih menjadi bahan perbincangan di tanah air. Apalagi setelah peretas Bjorka yang mengumbar data pribadi.

Hal ini tentu menjadi perhatian kalangan perbankan untuk makin mengamankan data para nasabah. Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mngungkapkan ini sesuai dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang juga sangat fokus pada perlindungan informasi pribadi nasabah.

"Data masyarakat, dalam hal ini nasabah bagi kami memperoleh prioritas utama, apalagi OJK sangat concern terhadap perlindungan konsumen, salah satunya adalah perlindungan terhadap data atau informasi pribadi nasabah," kata dia, dikutip Rabu (14/9/2022).

Dia mengungkapkan menyambut baik langkah OJK dalam keamanan data sebagai acuan mempercepat transformasi digital di industri perbankan. Bagi Yuddy, langkah tersebut sangat diperlukan bagi industri perbankan nasional, agar industri perbankan di Indonesia memiliki daya tahan, berdaya saing, dan kontributif terhadap pertumbuhan perekonomian.

Yuddy menyebut, kini bank juga memahami perkembangan teknologi yang sangat cepat dan masif akan menimbulkan dampak positif maupun negatif, terutama dari sisi aspek keamanan siber bagi para nasabahnya.

"Kami sangat memahami, perkembangan teknologi berjalan begitu cepat, demikian juga dari aspek keamanan siber. Untuk itu kami berkolaborasi dengan pihak-pihak yang kredibel dan terkemuka seperti Alibaba untuk Anti D-Dos security, dan juga penyedia IT security lainnya. Semua ini dilakukan agar keamanan siber yang dimiliki bank bjb dapat memberikan keamanan data dan informasi bagi nasabah mengikuti perkembangan teknologi yang ada," ujar Yuddy.

Lebih jauh Yuddy menegaskan, pengembangan fitur dan produk berbasis teknologi yang semakin canggih harus diperkuat pada aspek keamanan digital dan data pribadi nasabah agar tidak jatuh kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Selain memperkuat keamanan siber melalui infrastruktur IT yang solid, kami juga secara rutin dan berkala mengingatkan nasabah serta masyarakat mengenai pentingnya keamanan siber, kerahasiaan PIN, password, token, dan berbagai informasi pribadi melalui berbagai channel edukasi yang dimiliki bank bjb," imbuh Yuddy.

Simak juga Video: Pesan Menkominfo ke PSE Lingkup Privat soal Hacker: Jangan Lengah!

[Gambas:Video 20detik]



(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT