Bunga Deposito Mau Naik Lagi, Sekarang Paling Tinggi Berapa?

ADVERTISEMENT

Bunga Deposito Mau Naik Lagi, Sekarang Paling Tinggi Berapa?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 28 Sep 2022 06:30 WIB
Ilustrasi Uang Rupiah
Ilustrasi menabung/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) sudah naik menjadi 4,25%. Lalu suku bunga penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) naik menjadi 3,75%.

Dengan naiknya kedua bunga ini, maka suku bunga deposito di perbankan disebut akan mengalami kenaikan. Jika bunga deposito sudah naik, maka akan berpengaruh pada suku bunga kredit.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengungkapkan memang biasanya bank akan lebih responsif dengan kenaikan bunga penjaminan LPS.

"Biasanya bank akan responsif ke penjaminan LPS. Dengan naiknya bunga penjaminan 25 bps maka bank bisa akan menaikkan ke depan. Tapi likuiditas bank masih berlimpah," kata dia.

Purbaya mengungkapkan ke depan bunga deposito akan mengikuti tren bunga di pasar. "Deposito akan naik, tapi terbatas karena likuiditas yang cukup baik," ujar dia.

Kepala Eksekutif LPS Lana Soelistianingsih mengungkapkan saat ini memang penyaluran kredit di perbankan lebih tinggi dari dana pihak ketiga (DPK). Menurut dia hal ini mencerminkan sisi positif. Dengan tingginya kredit artinya perekonomian lebih baik dan mulai meningkat.

Menurut dia, deposito yang melambat dan banyak yang beralih ke giro artinya siap ada pergerakan dari para pengusaha. "Terutama simpanan panjang yang beralih ke giro. Pelaku usaha siap ekspansif kalau di giro sudah standby," ujarnya.

Dari data LPS per Agustus 2022 perkembangan suku bunga pasar simpanan rupiah terpantau naik 11 bps menjadi 2,47% dan suku bunga simpanan vala naik 25 bps menjadi 0,14%.

Daftar Bunga Deposito

BCA

Untuk deposito rupiah kurang dari Rp 2 miliar hingga di atas Rp 100 miliar BCA mematok bunga 1,9% berlaku untuk semua tenor. Sedangkan deposito valas kurang dari US$ 100 ribu hingga di atas US$ 10 juta bunganya 0,25%.

Bank Mandiri

Bank Mandiri memberikan bunga untuk deposito rupiah kurang dari Rp 100 juta hingga di atas Rp 5 miliar 2,25% untuk tenor 1 dan 3 bulan. Lalu 2,5% untuk tenor 6, 12 dan 24 bulan.

BNI

BNI memberikan bunga untuk deposito rupiah kurang dari Rp 100 juta hingga di atas Rp 5 miliar 2,25% untuk tenor 1 dan 3 bulan. Lalu 2,5% untuk tenor 6, 12 dan 24 bulan.

BTN

BTN memberikan bunga deposito 2,35% untuk deposito kurang dari Rp 100 juta dengan tenor 1, 2, 3 dan 4 bulan sedangkan untuk 6 bulan bunganya 2,5%.



Simak Video "Bank Tawarkan Bunga Tinggi, Hati-hati Tak Dicover LPS"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT