Masyarakat Banyak yang Belum 'Melek' Asuransi, Sepenting Apa?

ADVERTISEMENT

Masyarakat Banyak yang Belum 'Melek' Asuransi, Sepenting Apa?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 20 Okt 2022 18:36 WIB
Doctor putting and stacking wooden block cube which print screen health care and medical icons for healthy and wellness concept.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Dilok Klaisataporn
Jakarta -

Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI), Tatang Nurhidayat, mengatakan penetrasi asuransi di tanah air dari segi kepemilikan polis masih tergolong rendah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Selain itu, pemahaman masyarakat serta kesadaran untuk memiliki asuransi masih belum merata.

"Hal ini tentu membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk bersama dengan cara meningkatkan literasi dan edukasi asuransi ke segmen-segmen yang lebih luas lagi," ucap Tatang dalam keterangannya, Kamis (20/102022).

Sehingga, tema yang diangkat untuk kegiatan Hari Asuransi pada tahun ini adalah "Literasi Asuransi Untuk Negeri" dengan mengangkat sub tema "Kenali, Pahami, Miliki".

"Melalui tema ini, insan asuransi ingin menggambarkan tujuan bersama untuk meningkatkan pemahaman asuransi, khususnya meningkatkan edukasi dan literasi keuangan dalam mendorong ketersediaan akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia," imbuhnya.

Selain itu, Ketua Panitia Hari Asuransi 2022, Retno Susanti, menyatakan bahwa tingkat pendidikan, kesadaran dan pendapatan masyarakat masih menjadi tantangan yang utama. Sehingga industri asuransi berfokus untuk bersama-sama memajukan tumbuh kembang bisnis asuransi tanah air.

"Kegiatan Hari Asuransi 2022 lebih difokuskan pada Literasi Asuransi kepada masyarakat umum, agar tujuan kami menjadikan masyarakat Indonesia dapat lebih mengenal, memahami dan kesadaran untuk memiliki jaminan asuransi dapat terwujud," ujar Retno.

Lebih lanjut, ia menuturkan dukungan yang diberikan pada perayaan Hari Asuransi ini akan sangat berharga dan bermanfaat bagi Industri Perasuransian dalam membantu tujuan bersama untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, sejahtera dan mandiri.

Adapun, kegiatan yang dilaksanakan dalam mendukung Hari Asuransi 2022 diantaranya adalah Literasi Asuransi untuk Ojek Online, Literasi untuk UMKM dan Cerdas Cermat untuk pelajar SMA di berbagai daerah, Talk Show, Lomba Menulis, Lomba Film Pendek, Lomba Membuat Konten Media Sosial, Press conference serta kegiatan-kegiatan lainnya seperti Podcast & talkshow di Radio maupun Televisi.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT