BCA Naikkan Tarif Transaksi Rp 150.000/Bulan Hoaks! Jangan Sampai Tertipu

ADVERTISEMENT

BCA Naikkan Tarif Transaksi Rp 150.000/Bulan Hoaks! Jangan Sampai Tertipu

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 08 Nov 2022 10:42 WIB
Logo Bank Central Asia (BCA) di Menara BCA, Bundaran HI, Jakarta.
BCA Naikkan Tarif Transaksi Rp 150.000/Bulan Hoaks! Jangan Sampai Tertipu/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Modus penipuan perubahan tarif transaksi berupa surat resmi yang mengatasnamakan bank-bank besar masih terus beredar di masyarakat. Salah satunya atas nama PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Yang sering membuat masyarakat panik, modusnya ialah pengumuman peningkatan tarif transaksi, yaitu dari Rp 6.500 per transaksi menjadi Rp 150.000 per bulan dan akan di-autodebet setiap bulan. Jika nasabah tidak melakukan Konfirmasi melalui link yang diberikan, berarti nasabah dianggap setuju dengan pendebetan tarif baru tersebut.

Surat yang dibuat oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab itu adalah hoaks dan bukan surat resmi dari BCA. Surat ini biasanya tersebar melalui berbagai media seperti WhatsApp, email, hingga media sosial.

Tak tanggung-tanggung 'surat resmi' itu terlihat sangat meyakinkan dengan mencantumkan kop surat yang menyerupai surat resmi, beserta tanda-tangan dari dari pihak BCA.

Dikutip dari media sosial resmi BCA @goodlifebca dan situs BCA, Selasa (8/11/2022), dalam unggahan terbarunya BCA menegaskan, pihaknya tidak pernah mengirimkan surat melalui chat dan meminta data pribadi perbankan nasabah.

Cciri-ciri surat palsu mengatasnamakan BCA:

1. Perhatikan gambar logo dan kop suratnya.

2. Tinjau kembali isi pesannya. Biasanya isinya cenderung buat nasabah panik, lalu diarahkan untuk klik link yang ada pada pesan. Perlu diingat, BCA tidak pernah kirim info yang buat panik.

3. Link tersebut ialah link phising. Setelah diklik, meminta data perbankan seperti nomor kartu ATM, PIN, OTP. Dan kalau kamu isi datanya, bisa-bisa saldo rekeningmu ludes.

4. Ketika selesai mengisi data-data pribadi perbankan tersebut, kemudian nasabah diminta klik tariff yang dipilih: Tarif baru Rp 150.000,- atau Tarif lama Rp 6.500,- . Sesaat kemudian, si pelaku berhasil mengakses akun rekening milik nasabah tsb dan menguras uangnya.

Ingat ya, nomor resmi WhatsApp BCA 0811 1500 998 (ada centang hijaunya). Cek juga info selengkapnya mengenai #awasmodus surat palsu di bca.id/awasketipusurat.

Jadi hati-hati ya, apabila mendapatkan surat yang mencurigakan dan mengatasnamakan BCA, kamu dapat menghubungi kantor cabang setempat atau melalui HaloBCA 1500888. Kamu juga dapat menghubungi contact center Halo BCA melalui WA Halo BCA 0811 1500 998, twitter @halobca atau webchatwww.bca.co.id

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT