Jokowi Bahas Perluasan Bayar Pakai QR Antar Negara di G20

ADVERTISEMENT

KTT G20

Jokowi Bahas Perluasan Bayar Pakai QR Antar Negara di G20

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 14 Nov 2022 09:51 WIB
Presiden Joko Widodo menghadiri KTT G20 yang digelar di Roma, Italia. Momen Jokowi yang selalu bermasker di hadapan para pemimpin dunia pun jadi sorotan.
Foto: AP Photo
Nusa Dua -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kerjasama QR cross border antara negara bisa diperluas dan menjadi hasil konkret G20. Sementara ini kerja sama yang telah dilakukan Indonesia yakni dengan Thailand.

Hal ini sejalan dengan agenda transformasi ekonomi digital di sektor keuangan yang menjadi prioritas Indonesia. Indonesia juga bekerja sama mengadakan interkoneksi fast payment antara Singapura dan Thailand.

"Sudah saatnya kerjasama ini diformalkan dalam regional payment connectivity sebagai wujud konkrit implementasi G20 road map for enhancing cross border payment," jelasnya di agenda Advancing Regional Digital Payment Connectivity, Senin (14/11/2022).

Jokowi mengatakan kerja sama dalam transaksi antar negara ini menjadi kunci agar ekonomi berkelanjutan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Saat ini Indonesia telah melakukan perkembangan itu, dari adanya QRIS, BI Fast, dan percepatan digitalisasi keuangan di daerah.

"Di Indonesia sendiri guna mempercepat transformasi telah dilakukan berbagai langkah-langkah terobosan sistem pembayaran, yaitu melalui pengembangan QRIS, BI Fast, dan tim percepatan perluasan digitalisasi daerah untuk mempercepat digitalisasi transaksi pemerintah," ungkapnya.

Jokowi juga mendukung konektivitas dalam transaksi antar negara bahkan di tingkat global. Hal ini menurutnya akan berdampak besar bagi perekonomian hingga UMKM.

"Saya mendukung inisiatif regional payment connectivity ini terus diperluas hingga ke tingkat Global karena kemudahan akses pembayaran akan memberikan dampak besar bagi ekonomi khususnya sektor pariwisata perdagangan dan UMKM sehingga akan mendorong akselerasi pemulihan ekonomi yang lebih kuat dan inklusif," jelasnya.

(ada/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT