Asyik! Belanja di Malaysia hingga Thailand Bisa Bayar Pakai QRIS

ADVERTISEMENT

Asyik! Belanja di Malaysia hingga Thailand Bisa Bayar Pakai QRIS

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 14 Nov 2022 10:51 WIB
Metode pembayaran QRIS pada Bank Mandiri Syariah kerap dimanfaatkan nasabah sebagai solusi pembayaran digital. Pasalnya prosesnya mudah, cepat, dan aman.
Ilustrasi/Foto: Istimewa
Jakarta -

Hari ini lima bank sentral menandatangani memorandum of understanding (MoU) untuk sistem pembayaran yang terkoneksi.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan dengan terkoneksinya sistem pembayaran ini maka masyarakat kelima negara akan semakin mudah. Penyelesaian transaksi melalui Fast Payment ini akan melalui bilateral currency.

Dia mencontohkan dari Rupiah langsung ke Ringgit, Rupiah ke Dolar Singapura, Rupiah Baht hingga Rupiah Peso. "Atau kalau beli durian Musang King di Malaysia dan Durian Monthong di Thailand atau beli pakaian UMKM Indonesia bisa langsung dengan QR, ini langsung tersambung dan ini sejarah Asean 5 terkoneksi," ujar dia dalam konferensi pers, Senin (14/11/2022).

Perry mengungkapkan, konektivitas ini akan mendorong UMKM, pariwisata dan hubungan lima negara. Selain itu, juga bisa mendorong perekonomian dan kesejahteraan wanita serta anak-anak muda.

"UMKM di sini kebanyakan wanita dan bisa mendorong kesejahteraan keluarga, menyekolahkan anaknya sampai S3, karena itu kami dorong konektivitas di regional payment," ujar dia.

Perry menyebutkan dengan konektivitas ini inklusi ekonomi diharapkan lebih berkembang pesat. Kemudian akan terus dikaji terkait pengembangan Central Bank Digital Currency (CBDC).

"Itu untuk mimpi ke depan. Jadi ini bukan sembarang tanda-tangan MoU, kami berlima komitmen untuk terkoneksi dengan sistem pembayaran dan membuat sejarah transofrmasi digital masyarakat dan ekonomi di Asean," jelas dia.



Simak Video "Jokowi Pamer Kemajuan ASEAN di Bidang Pembayaran Lintas Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT