Jangan Kaget! RS Ini Uji Coba Hapus Kelas 1, 2, dan 3 BPJS Kesehatan

ADVERTISEMENT

Jangan Kaget! RS Ini Uji Coba Hapus Kelas 1, 2, dan 3 BPJS Kesehatan

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 22 Nov 2022 14:06 WIB
Ilustrasi BPJS Kesehatan.
Ilustrasi BPJS Kesehatan/Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Kementerian Kesehatan akan memperpanjang uji coba kelas rawat inap standar (KRIS) BPJS Kesehatan mulai 1 Desember 2022 hingga Januari 2023. Hal ini dilakukan karena uji coba sebelumnya hanya dilakukan pada rumah sakit pemerintah.

"Kemudian kita melihat bahwa fokus uji coba ini terbatas rumah sakit milik pemerintah. Kami memutuskan uji coba KRIS ini ke RS daerah, swasta dan kelas A. Sebelumnya uji coba kelas B dan kelas C. Uji coba perluasan ini dimulai 1 Desember," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (22/11/2022).

Diharapkan Januari 2023, hasil dari uji coba itu bisa dilihat bagaimana hasil dari penerapannya. Budi menyebutkan ada 10 rumah sakit yang ditambahkan untuk uji coba KRIS BPJS Kesehatan.

"10 rumah sakit milik Kementerian Kesehatan, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, kota, swasta kelas A, B, C, kita akan lakukan perluasan uji coba dari penerapan kelas rawat inap standar di bulan Desember nanti," jelasnya.

Sementara hasil RS Vertikal yang menjadi uji coba KRIS sebelumnya di antaranya RSUP Dr. Tadjanuddin Chalid Makassar, RSUD Dr Johannes Leimena Ambon, RSUP Surakarta Kelas C, dan RSUP Dr. Rivai Abdullah Palembang Kelas C.

Hasil observasi dari Kemenkes, ada penurunan jumlah tempat tidak tetapi tidak mengganggu kapasitas layanan yang ada. Karena tujuan utamanya untuk meningkatkan layanan minimal khususnya pasien-pasien kelas terendah.

"Ada kekurangan fasilitas yang saya kira kami sesuaikan, untuk standar KRIS ini. Standar rumah sakit menuju standar tertentu minimal untuk semua pasien BPJS ke depannya," tutupnya.

Daftar Rumah Sakit yang Ditambah untuk Uji Coba KRIS BPJS Kesehatan:

1. RSUP Sardjito Sleman (kelas A)

2. RSUD Siedarsi Kota Pontianak (kelas A)

3. RSUD Sidoarjo (kelas B)

4. RSUD Sultan Syarif M. Alkadri Kota Pontianak (kelas C)

5. RS Santosa Kopo Kota Bandung (kelas A)

6. RS Santosa Central Kota Bandung (kelas A)

7. RS Awal Bros Batam (kelas B)

8. RS Al Islam Kota Bandung (kelas B)

9. RS Ananda Babelan Bekasi (kelas C)

10. RS Edelweis Kota Bandung (kelas C)

Simak juga video 'Minta Tak Diskriminasi, BPJS Kesehatan Beberkan Inovasi Pelayanan Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(ada/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT