DPR Sebut Contoh Orang Kaya Bebani BPJS Kesehatan: Pasang Ring Jantung Rp 150 Juta

ADVERTISEMENT

DPR Sebut Contoh Orang Kaya Bebani BPJS Kesehatan: Pasang Ring Jantung Rp 150 Juta

Ashri Fathan - detikFinance
Rabu, 23 Nov 2022 13:22 WIB
Ilustrasi BPJS Kesehatan.
Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa ada orang kaya yang membebani keuangan BPJS Kesehatan dengan melakukan klaim untuk tindakan medis berbiaya tinggi.

Anggota Komisi IX Irma Suryani Chaniago dalam kesempatan terpisah bahkan sampai beberkan sejumlah penyakit berbiaya tinggi yang akhirnya menggerogoti dana BPJS Kesehatan.

Awalnya, dia menjelaskan maksud ucapan Budi Gunadi Sadikin soal 'konglomerat menggerogoti BPJS Kesehatan'.

"Yang dimaksud menkes konglomerat itu adalah orang-orang kaya. Bukan konglomerat seperti taipan," ungkap Irma memulai penjelasannya dalam sebuah wawancara bersama 20detik belum lama ini.

Konglomerat ini, lanjut dia, adalah orang-orang kaya yang seharusnya tidak membebani keuangan negara saat melakukan pengobatan.

"Nah, anggaran BPJS Kesehatan ini, terbesarnya dinikmati oleh segelintir orang-orang yang memiliki penyakit tidak menular seperti jantung, kanker dan hipertensi," beber Irma.

Bahkan, lanjut dia lagi, ada oknum masyarakat mampu, yang memanfaatkan BPJS Kesehatan untuk membiayai tindakan medis berbiaya mahal seperti pemasangan ring jantung.

"Banyak orang-orang berduit yang memakai kelas 1 (kelas tertinggi di BPJS Kesehatan) untuk mendapatkan fasilitas seperti misalnya pasang ring (jantung). Pasang ring ini, satu ring saja Rp 150 juta," tegasnya.

Kasus seperti ini lah yang menjadi contoh atau bukti nyata orang-orang mampu atau orang kaya memanfaatkan BPJS Kesehatan sehingga membebani lembaga penjamin kesehatan masyarakat tersebut.

"BPJS itu kan subsidi silang. Yang mampu membiaya yang tidak mampu. Kalau ada kejadian begini kan terbalik, orang tidak mampu membiayai yang mampu," sebut dia.

Untuk itu, ia mengaku mendukung kementerian kesehatan untuk melakukan perombakan sistem keuangan dan kepesertaan di BPJS Kesehatan.

Simak video 'Konglomerat Membebani BPJS Kesehatan, Pasang Ring Jantung Rp 150 Juta':

[Gambas:Video 20detik]



(dna/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT