Sederet Inovasi Viral 'S3 Marketing' BNI Sepanjang 2022

ADVERTISEMENT

Year in Review 2022

Sederet Inovasi Viral 'S3 Marketing' BNI Sepanjang 2022

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Selasa, 17 Jan 2023 17:57 WIB
Gedung BNI
Foto: BNI
Jakarta -

Media sosial kini telah bermetamorfosis menjadi lapak bagi perusahaan dalam mengembangkan bisnis. Melalui gimmick-gimmick pemasaran viral yang dikenal dengan istilah 'S3 Marketing', produk atau jasa yang ditawarkan di media sosial dapat menyasar target pengguna yang diinginkan secara efektif.

Buktinya sepanjang 2022 ini, beberapa perusahaan getol membuat dan mengkampanyekan strategi pemasarannya dengan unik. Mulai dari perusahaan rintisan, swasta, hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggunakan jurus 'S3 Marketing' ini sebagai ujung tombak pemasaran produk di era digital.

Salah satu jurus 'S3 Marketing' yang menarik perhatian sepanjang 2022 ini adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI). Institusi yang telah melayani masyarakat sejak 1946 ini konsisten memberikan layanan, solusi digital, dan apresiasi kepada nasabahnya dengan berbagai inovasi.

detikcom pun merangkum sederet strategi marketing BNI yang inovatif sepanjang 2022 ini. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kolaborasi BNI dan RANS Entertainment

Sepanjang 2022 lalu, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan RANS Entertainment berkolaborasi menyebarkan konten-konten edukasi seputar layanan perbankan di media sosial Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Konten-konten tersebut menyasar generasi Z hingga milenial.

Kolaborasi ini membuat hashtag #BankNagitaIndonesia trending topic di Twitter pada awal Februari 2022 lalu. Hal ini dikarenakan beberapa konten yang dihasilkan di antaranya viral di media sosial hingga menarik banyak perhatian masyarakat.

Sebagai contoh, Raffi Ahmad membuat heboh dengan mengumumkan ingin melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka kost-kostan. Namun, kostan-nya bukan sekadar kostan biasa. Ia ingin memberikan benefit bagi para penghuninya tersebut. Raffi ingin mengajak para penyewa kost untuk menjadi influencer.

Namun begitu, ternyata kostan yang dimaksud ini adalah sebuah judul web series hasil kerja sama RANS Entertainment dan Bank Negara Indonesia (BNI). Judul web series itu sendiri dinamakan Kost-kostan Influencer yang tayang di laman YouTube RANS Entertainment. Konten ini pun kembali viral.

2. Kolaborasi BNI dan Lion Air Group

Selain dengan RANS Entertainment, BNI juga menggandeng Lion Air Group dalam strategi marketing komunikasinya. Menariknya, kolaborasi itu dilakukan bertepatan dengan tren pelonggaran mobilitas masyarakat yang dilakukan pemerintah pada pertengahan Maret 2022, sehingga menjadi momentum bagi industri pariwisata untuk lebih gencar meningkatkan kinerja bisnis.

BNI memanfaatkan momentum ini dengan membuat kartu Co Brand BNI-Batik Air, branding BNI di tujuh pesawat Batik Air dan Super Air Jet, dan penyediaan payment gateway dari BNI untuk layanan Lion Air Group. Selain itu, kerja sama tersebut juga ditandai dengan peluncuran livery baru desain Kartu Cobrand BNI-Batik Air di unit pesawat milik Lion Air Group.

BNI menganggap keputusan terbaru pemerintah terkait dengan pelonggaran mobilitas masyarakat saat itu menjadi sebuah semangat baru bagi semua pelaku bisnis untuk meningkatkan kembali akselerasi pertumbuhan kinerja di tengah masa pemulihan.

Harapan BNI dengan kolaborasi itu yakni lebih banyak lagi transaksi pembelian tiket ke destinasi wisata yang pada akhirnya akan memberi multiplier effect pada peningkatan kinerja ekonomi di berbagai sektor di daerah.

3. BNI Java Jazz Festival

Pengumuman diselenggarakannya festival musik Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNIJJF2022) secara offline pada 27-29 Mei 2022 kala itu di JiExpo Kemayoran disambut hangat oleh masyarakat. Festival tersebut membangkitkan animo penonton usai dua tahun lebih konser musik di Indonesia dibatasi akibat pandemi COVID-19.

Dalam kesempatan itu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menjadi sponsor utama mendukung penuh kegiatan festival musik ini. Animo masyarakat yang tinggi di kalangan milenial itu dimanfaatkan BNI dengan mengenalkan kartu kredit baru yakni Kartu Kredit BNI JD.ID, Kartu Kredit BNI Batik Air dan Kartu Kredit BNI-WWF.

BNI mendorong semua ekosistem yang dimiliki untuk dimanfaatkan oleh masyarakat seperti transaksi menggunakan Kartu Debit hingga QRIS yang lebih praktis. Selain itu, di booth-booth yang disediakan BNI diisi dengan aktivitas kekinian seperti Mabar BNI Mobile Legend bersama komunitas games RRQ, Photo Contest, hingga Metaverse Experience di Booth Digital Experience.

4. Kolaborasi BNI dan Alffy Rev

Perayaan HUT ke-76 PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menjadi momentum untuk memperkuat komitmen perseroan sebagai Bank global asal Indonesia. Raihan kinerja positif global banking services sekaligus rencana strategis itu menjadi modal meningkatkan eksistensi perseroan di kancah internasional.

Untuk memvisualisasikan pencapaiannya tersebut BNI menggandeng YouTuber Alffy Rev membuat sebuah video company untuk ditampilkan beranda official YouTube nya. Strategi video yang dihasilkan ini pun terlihat sangat apik dengan isi pesan yang mewakili perusahaan.

"BNI memulai perjalanan melayani Indonesia dengan memudahkan kebutuhan transaksi dengan perkembangan dunia yang semakin penuh tantangan. Melalui digitalisasi, BNI memberikan kontribusi terbaik bagi seluruh nasabah, masyarakat Indonesia dan negara tercinta. Menuju Indonesia Go Global, BNI senantiasa lakukan ekspansi mendunia. BNI terus berkomitmen mendukung penuh Indonesia untuk dapat melompat lebih tinggi. Bersama BNI, untuk Indonesia lebih kuat,".

5. Kolaborasi BNI dan INACRAFT

Terakhir, jurus S3 Marketing BNI yakni berkolaborasi dengan UMKM melalui event INACRAFT. Pada 2022 lalu, INACRAF menjadi pameran yang dinanti oleh para pegiat dan peminat produk-produk kerajinan lokal dengan berbagai jenis produk berupa kerajinan, batik, tenun, dan fesyen. INACRAFT disebut sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara.

INACRAFT juga menjadi melting pot bagi para pelaku industri kerajinan, mulai dari produsen, artisan, pendidik, eksportir, pecinta, kolektor, pembeli, termasuk para pemangku kebijakan dan pembina UMKM di tingkat provinsi dan BUMN melalui konsep INACRAFT IKON.

Diketahui, pada kegiatan tersebut BNI aktif mendukung mitra dengan berbagai program kerja sama bisnis maupun pemberdayaan. BNI mengajak beberapa mitra UMKM produsen kerajinan tangan di bidang batik, songket, bordir, wayang, produk kaca, interior, tas, dompet, dan pakaian untuk memeriahkan acara sambil mencari peluang kerja sama lebih besar lagi.

Untuk mendukung pengembangan Industri Kreatif Karya Anak Bangsa, BNI turut menyelenggarakan promo Kartu Kredit, Kartu Debit, Debit Emerald, promo Tokopedia, seperti diskon hingga Rp 1 juta, cicilan 0% hingga 24 bulan, dan belanja hemat hingga 50% dengan BNI Rewards Point. BNI pun mengadakan promo spesial inacraft.co.id berupa cashback hingga Rp300.000.

Itulah sederet inovasi 'S3 Marketing' BNI yang menarik perhatian di 2022. Kolaborasi yang menghadirkan konten-konten seru dan viral membuat stakeholder tidak merasa 'dipaksa' untuk menerima informasi terkait perbankan. Tak heran, strategi ini pun menarik antusiasme masyarakat.

Oleh karena itu, upaya strategi marketing komunikasi yang dilakukan BNI sepanjang 2022 ini membuat detikcom Year In Review tahun ini menganugerahi BNI sebagai 'The Most Innovative Bank in Strategic Marketing Communication 2022'.

Dowload pdf report di sini



Simak Video "Year In Review 2022: Akselerasi Daerah Menyangga Pembangunan Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT