Jurus BNI Edukasi Nasabah Lewat Konten 'S3 Marketing' di Media Sosial

ADVERTISEMENT

Year in Review 2022

Jurus BNI Edukasi Nasabah Lewat Konten 'S3 Marketing' di Media Sosial

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Selasa, 17 Jan 2023 18:30 WIB
Ilustrasi Gedung BNI
Foto: Dok. BNI
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyadari pentingnya media sosial dalam pengembangan bisnis. Sebagai institusi yang telah melayani masyarakat sejak 1946, BNI terus beradaptasi mengikuti perkembangan zaman untuk mengedukasi para nasabahnya.

Sepanjang 2022 ini misalnya, BNI konsisten membagikan informasi kepada nasabah melalui media sosial mulai dari Instagram, Facebook, YouTube, Twitter hingga TikTok. Informasi seputar produk dan layanan perbankan dibungkus secara inovatif dan menghibur dengan menggandeng influencer hingga artis.

Sebagai contoh kolaborasi BNI dan RANS Entertainment, Raffi Ahmad turut aktif menyebarkan konten-konten edukasi seputar layanan perbankan. Beberapa di antaranya bahkan viral di media sosial hingga menarik banyak perhatian masyarakat.

Pada suatu unggahan di YouTube misalnya, terlihat Raffi membawa satu koper berisi surat-surat berharga dan uang tunai senilai Rp 200-300 juta. Raffi ingin memindahkan 'harta karun' dari brankasnya tersebut ke BNI agar lebih aman.

"BNI semua fasilitasnya ada, apalagi saya kemarin nabung di Emerald. Saya diajak ke brankasnya kemarin, luar biasa. Apalagi nanti kalau RANS mau IPO bisa ditolongin sama BNI Sekuritas... Kita sama BNI harus berkolaborasi," kata Raffi.

Dalam konten yang lain, terlihat Raffi mengecek kantornya untuk memastikan alat-alat elektronik yang telah tidak dipakai dimatikan oleh pegawai RANS.

"Bukannya pelit, tapi harus ngirit, kita harus hemat energi. Daripada kita bayar tagihan listrik bengkak, mending gue kasih bonus kalian, bonusnya bisa dipakai jajan-jajan atau buat bayar listrik di rumah kalian," ungkap Raffi.

"Kalo soal bayar-bayarnya, tetep harus pakai BNI Mobile Banking yang bisa apa aja pastinya! Semua transaksi bisa dilakuin! Mulai dari beli token atau bayar listrik, beli pulsa, beli tiket, top up e-wallet sampe investasi juga bisa," jelas Raffi.

[Gambas:Instagram]



Tak hanya di YouTube dan Instagram, BNI juga aktif membagikan konten melalui TikTok. Konten di TikTok BNI berisi seputar manfaat dan tips and trik menggunakan layanan BNI seperti Mobile Banking hingga berbagai giveaway dan undian yang sedang berlangsung. Konten tersebut menyasar milenial hingga generasi Z.

@bni46 Sat set terus perbanyak transaksi dengan Kartu Debit BNI dan BNI Mobile Banking! Kumpulkan POIN+ lalu tukar jadi kupon Undian Rejeki BNI #GaPakeNanti di BNI Mobile Banking. Transaksi sat set, hadiah makin deket! Info lengkap, cek bit.ly/rejeki-bni #BNI46 ♬ AMAZING - Phoebe

Inovasi 'S3 Marketing' BNI dengan menggandeng RANS Entertainment ini pun menghadirkan konten-konten seru dan viral. Hal ini membuat stakeholder tidak merasa 'dipaksa' untuk menerima informasi terkait perbankan. Tak heran, strategi ini pun menarik antusiasme masyarakat.

Hal itu terlihat dari pertumbuhan followers Instagram BNI @bni46 yang melesat jauh. Pada November 2021 misalnya, BNI hanya mempunyai pengikut 456 ribu orang. Namun, satu tahun setelahnya, jumlah followers menjadi 1,1 juta orang.

Sementara itu, jumlah followers TikTok BNI mencapai 351 ribu followers dengan 1,1 juta likes pada Desember 2022. Padahal, pada November 2021, jumlahnya hanya 126 ribu followers saja.

Kemudian akun Twitter BNI berhasil diikuti oleh 1,2 juta orang pada Desember 2022. Angka tersebut menjadikan BNI memiliki jumlah followers Instagram, TikTok, maupun Twitter terbanyak dibandingkan institusi perbankan lain.

Pada media sosial lainnya, subscriber YouTube BNI juga meningkat signifikan pada November 2021, YouTube BNI di subscribe sebanyak 21,5 ribu. Kini Desember 2022, subscriber YouTube BNI sebanyak 31,2 ribu.

Oleh karena itu, upaya strategi marketing komunikasi yang dilakukan BNI sepanjang 2022 ini patut diapresiasi. detikcom Year In Review tahun ini menganugerahi BNI sebagai 'The Most Innovative Bank in Strategic Marketing Communication 2022'.

Download PDF Report di sini.



Simak Video "Year In Review 2022: Akselerasi Daerah Menyangga Pembangunan Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT