24 Nasabahnya Ngeluh Minta Uang Balik, Astra Life Buka Suara

ADVERTISEMENT

24 Nasabahnya Ngeluh Minta Uang Balik, Astra Life Buka Suara

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 21 Jan 2023 14:00 WIB
Business woman showing insurance document over white desk at office
Ilustrasi asuransi/Foto: Getty Images/iStockphoto/eternalcreative
Jakarta -

Sebanyak 24 nasabah Astra Life di Jawa Timur mengeluhkan tidak menerima polis dan meminta pengembalian seluruh premi asuransi yang telah dibayarkan kepada Astra Life.

Menanggapi hal tersebut manajemen PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) telah melakukan penelitian dan verifikasi terhadap dokumen agen dan nasabah terkait pemberitaan seputar keluhan nasabah Astra life.

Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi mengungkapkan pihaknya telah menelusuri dan melakukan verifikasi secara terperinci terhadap dokumen terkait. Dia menyebut Astra Life mengonfirmasi bahwa seluruh polis tersebut telah dikirimkan kepada nasabah yang bersangkutan, namun terdapat dugaan fraud yang dilakukan oleh oknum agen.

Oleh karena itu, Astra Life melalui kuasa hukumnya Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M. dari kantor hukum Otto Hasibuan & Associates, telah melaporkan kasus ini ke Kepolisian Negara Republik Indonesia pada 18 Januari 2023.

"Sejak Astra Life didirikan pada tahun 2014, kasus seperti ini belum pernah terjadi. Sejalan dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengutamakan aspek perlindungan nasabah, Astra Life melihat bahwa praktik fraud dapat berdampak buruk bagi kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi jiwa di Indonesia. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan tegas terkait dugaan fraud tersebut," ujar Windawati dalam siaran pers, Sabtu (21/1/2023).

Dia mengatakan Astra Life berkomitmen penuh untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada nasabah serta menjalankan bisnis dengan prinsip good corporate governance (GCG). "Serta keberlanjutan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

(kil/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT