Follow detikFinance
Rabu 26 Apr 2017, 08:10 WIB

Persiapkan Pengeluaran ini Setiap Bulan

Stanley Christian - detikFinance
Persiapkan Pengeluaran ini Setiap Bulan Ilustrasi Persiapkan Pengeluaran ini Setiap Bulan (Foto: Muhammad Ridho)
Jakarta - Setiap liburan, anda pasti merencanakan dengan baik. Melakukan persiapan ini itu, mulai dari pesan tiket jauh-jauh hari, pesan penginapan, aktivitas apa saja, hingga browsing kuliner di tempat tujuan. Pokoknya dari a-z anda persiapkan dengan baik. Untuk hal yang tidak menjadi rutinitas setiap bulan, anda begitu mempersiapkan dengan baik.

Nah coba anda lakukan hal tersebut untuk setiap pengeluaran rutin anda setiap bulan. Persiapkanlah pengeluaran anda setiap bulan, baik yang memang sudah rutin, atau dadakan agar keuangan anda lebih tertata dengan baik. Berikut pengeluaran yang dapat anda siapkan setiap bulan.

Makan
Kita semua tentu sangat paham, bahwa makan merupakan kebutuhan utama. Seringkali yang terjadi anda tidak hanya memenuhi kebutuhan utama saja, tapi memenuhi gaya hidup alias gengsi. Sebaiknya anda mulai mengatur pengeluaran ini setiap bulan.

Tetapkan berapa anggaran ini setiap bulan bila tidak ingin overbudget. Sangat sulit tentu bagi anda untuk menolak ajakan teman-teman untuk makan di resto A, lanjut di kafe B dan seterusnya. Kalau dari awal anda tidak menetapkan anggaran untuk ini, tentu akan habis begitu saja.

Perlu dingat bahwa makan adalah kebutuhan utama, tapi makan apa, dengan siapa dan di mana ini bukan kebutuhan utama.

Pulsa, internet, dll
Zaman sekarang siapa yang tidak pakai smartphone dan menggunakan paket internet. Ini sudah menjadi anggaran khusus tersendiri. Buatlah daftar pengeluaran bulanan ini, seperti pulsa, paket data, bila masih kos, berarti biaya kos, listrik, hingga transportasi.

Perhatikan dari beberapa pengeluaran tersebut, apakah masih dapat lebih efesien atau tidak. Misal penggunaan e-Wallet untuk transportasi online. Tentu ini menjadi keuntungan bagi anda.

Kebutuhan Sehari-hari
Anda yang tahu dan paham seberapa sering anda harus membeli peralatan mandi, mulai dari shampoo, sabun, pasta gigi, sabun cuci pakaian, pembersih wajah hingga deodorant. Bagi wanita tentu anda tambahan lain seperti pembalut, alat rias, dll.

Walaupun belum tentu akan anda beli setiap bulan, namun anda tetap harus menyiapkan anggaran tersebut setiap bulan. Anda dapat memperkirakan berapa yang harus anda siapkan setiap bulan untuk pengeluaran tersebut.

Dadakan
Setiap bulan pasti terima undangan pernikahan. Bila anda datang, tentu tidak hanya sekedar hadir saja, tapi juga perlu menyiapkan uang kondangan. Belum lagi yang tidak pernah kita ketahui adalah berita duka. Berarti anda perlu menyiapkan uang duka.

Dalam perjalanan, kendaraan anda rusak, harus service atau ganti sparepart. Dan tentu masih banyak pengeluaran dadakan seperti ini yang anda hadapi. Mau tidak mau, agar tidak menggangu cashflow bulanan anda, anda harus memiliki anggaran untuk pengeluaran seperti ini.

Me Time
Alokasikan anggaran untuk anda sendiri. Anda ingin berlibur. Anda ingin makan di restoran atau menjalankan hobi anda, seperti nonton atau sekedar minum kopi. Tentu di balik kerja keras anda setiap hari, anda perlu menikmati hasil tersebut. Maka tidak ada salahnya anda menyiapkan anggaran khusus untuk diri anda sendiri.

Investasi
Tidak akan ada bosannya bagi saya untuk terus mengingatkan berinvestasi. Selain anda disiplin dalam mengatur pengeluaran, anda juga harus mempersiapkan masa depan. Yaitu dengan berinvestasi. Anda boleh saja menghabiskan 'me time' untuk liburan dan jalan-jalan, tapi satu hal yang pasti, jangan pernah melupakan masa depan anda.

Anda harus menyiapkan itu dari sekarang. Selain investasi untuk masa depan, kita juga memiliki kebutuhan untuk beramal. Jangan lupakan keduanya.

Jadi ingatlah untuk selalu menjadi smart consumer dan smart investor. Belajar dengan asuransi, waris, mengatur keuangan dan investasi yang baik dan benar. Beberapa yang kami rekomendasikan dan bagi yang ingin tahu tentang asuransi detil bisa ikut tanggal 22 April, info di sini https://bit.ly/LIC2204, untuk ilmu waris bisa ikut workshop tanggal 23 April info di sini https://bit.ly/EPC2304, sementara kelas regular merencanakan keuangan akan diadakan akhir April tanggal 29, info di sini https://bit.ly/PMM2904, dan cara kaya dengan reksa dana tanggal 30 April infonya bisa dibuka di sini https://bit.ly/WRD3004.

Ingat, Hidup anda akan lebih tenang jika mampu menata keuangan dengan baik.
Happy Planning. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed