Follow detikFinance
Rabu 06 Sep 2017, 06:51 WIB

Rahasia Keuangan Orang Terkaya Yang Pernah Hidup di Dunia

Aidil Akbar Madjid - detikFinance
Rahasia Keuangan Orang Terkaya Yang Pernah Hidup di Dunia Foto: Istimewa
Jakarta - Siapakah orang terkaya di dunia? Kebanyakan orang akan mengacu kepada daftar orang terkaya dunia yang dikeluarkan oleh majalah-majalah keuangan terkenal seperti Forbes dan lain-lain. Beberapa dari anda akan menyebutkan bahwa Bill Gates dan Warren Buffett tetap favorit menjadi orang terkaya di dunia.

Padahal sebenarnya ada seseorang yang pernah hidup di Eropa sekitar tahun 1500an dengan kekayaan terbesar bahkan bila diperhitungkan dengan keuangan saat ini. Nah, pertanyaannya adalah apa rahasianya sehingga orang ini bisa menjadi sedemikian kaya raya. Ada 7 rahasia yang dibagikan 3 di antaranya akan kita bahas di tulisan kali ini, sehingga kita bisa belajar dari dia.

Kuasai Informasi
Siapa yang mempunyai informasi lebih, dialah yang akan memenangkan peperangan. Hal ini berlaku dalam bidang apa pun, bisnis, investasi, politik dan lain sebagainya. Siapa yang mendapatkan informasi terlebih dahulu, siapa yang menguasai informasi dialah yang pemenangnya. Dalam dunia investasi di pasar modal memang mengetahui informasi dari suatu perusahaan publik terlebih dahulu sebelum informasi tersebut diumumkan ke publik adalah tindakan yang dilarang, dikenal dengan istilah Insider Trading, tapi kita bisa memprediksi kemungkinan-kemungkinan dengan cara membaca indikasi-indikasi yang ada.

Oleh sebab itu informasi sekecil apapun bila kita bisa menyambung-nyambungkan akan memberikan gambaran lebih jelas dan nyata tentang kondisi yang sedang terjadi ataupun akan terjadi. Tentu saja kita tidak bisa langsung percaya 100% dari informasi yang diberikan oleh seseorang. Kita harus melakukan survei keadaan secara langsung, untuk dapat merasakan sendiri apakah informasi yang diberikan valid. Misalnya kondisi ekonomi dan sosial di suatu negara. Banyak pemerintah di banyak negara yang mencoba memberikan data informasi yang belum tentu sesuai dengan keadaan sebenarnya di lapangan. Informasi yang valid sangat penting dalam membantu kita membuat keputusan sebelum berinvestasi.

Kuasai Angka
Di dalam ilmu keuangan dikenal adanya ilmu akuntansi alias menghitung keuangan. Akuntansi atau pembukuan dengan konsep double-entry booking pertama kali diperkenalkan di Italia dan dipergunakan secara luas di Eropa. Salah satu rahasia sukses seseorang untuk bisa menjadi kaya adalah dengan menguasai dan mengetahui angka-angka anda. Tidak hanya mengetahui angka di atas kertas, akan tetapi anda juga harus turun dan mengecek langsung dari investasi anda atau bisnis anda apakah angkanya benar.

Dalam bisnis ada pemasukan dan pengeluaran, dan sudah menjadi tugas anda untuk mengetahui dan mengkontrol pengeluaran anda. Demikian juga dengan keuangan pribadi anda. Kebocoran terbesar dari keuangan seseorang adalah ketidak mampuan untuk mengkontrol pengeluaran mereka. Jadi, kuasai angka anda.

Belajar dan Cari Pengalaman
Ternyata, sering sekali fakta di lapangan kita temui bahwa banyak orang kaya dan sukses selalu menekankan pentingnya arti belajar. Meskipun banyak dari orang kaya dan sukses yang tidak berhasil menyelesaikan kuliahnya, bukan berarti kemudian mereka berhenti belajar, karena belajar bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Belajar adalah salah satu kunci sukses orang terkaya ini bisa menjadi kaya raya. Belajar yang dilakukan secara langsung sambil dikerjakan akan menghasilkan suatu pengalaman. Dan pengalaman itu adalah pelajaran yang sangat berharga dalam kehidupan kita.

Apabila anda sukses dalam pelajaran akademis, anda juga harus mengimbanginya dengan belajar secara langsung di lapangan, karena belum tentu apa yang anda belajari di bangku sekolah bisa diterapkan dan sama dengan di lapangan. Apabila anda tidak berhasil di pelajaran akademis, anda bisa mengambil kursus-kursus keterampilan yang bisa diaplikasikan secara langsung. Bagi kebanyakan orang cara ini lebih mudah dicerna dan diterapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari. So jadi belajarlah.

Demikian juga dengan belajar ilmu keuangan dan investasi. Seperti dikatakan di atas dan oleh banyak orang kaya dan sukses lainnya bahwa belajar adalah penting. Salah satunya dengan melalui kursus dan workshop. Untuk workshop keuangan anda bisa belajar di beberapa yang kami rekomendasikan: Workshop mengelola keuangan dan gaji CPMM di Jakarta info bisa dibuka di sini berbarengan dengan kelas Belajar Asuransi info buka di sini, sementara untuk reksa dana Jakarta info bisa dibuka di sini berbarengan dengan di Yogya, Solo dan Semarang (JogLoSemar/Jawa Tengah) bisa lihat info di sini dan di sini.

Kita baru saja membahas 3 rahasia kesuksesan orang terkaya yang pernah ada dan hidup di dunia ini. Dalam tulisan berikutnya kita akan bahas 4 lagi rahasia apa yang telah mereka lakukan selama hidup mereka sehingga bisa menjadi sedemikian kaya raya. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed