Follow detikFinance
Rabu 08 Nov 2017, 08:10 WIB

Hal yang Menyebabkan Produk Asuransi Membuat Anda Rugi

Bareyn Mochaddin – AAM & Partners - detikFinance
Hal yang Menyebabkan Produk Asuransi Membuat Anda Rugi Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Menolak penawaran sebuah produk asuransi sepertinya adalah hal yang sangat umum dilakukan oleh kebanyakan orang-orang saat ini. Entah karena merasa belum butuh asuransi, merasa tidak butuh perlindungan asuransi atau beberapa dari anda mungkin malas saja untuk menerima penawaran dari agen asuransi. Ketika anda menolak sebuah penawaran asuransi dengan alasan ini, bisa jadi alasan anda belum sepenuhnya tepat.

Produk asuransi, sesuai dengan fungsinya menawarkan perlindungan kepada anda bilamana terjadi sebuah risiko menimpa anda. Sehingga, dengan memiliki asuransi, anda terhindar dari sebuah kerugian yang dapat berakibat langsung kepada keuangan anda. Oleh karena itu, menerima penawaran asuransi bisa jadi sebuah hal yang bermanfaat bagi anda karena bisa saja asuransi yang ditawarkan dapat 'melindungi' anda.

Meski demikian, pilihan tetap ada di tangan anda, apakah akan menerima penawaran atas sebuah produk asuransi ataukah mengabaikannya. Karena beberapa dari anda, mungkin, memiliki pendapat bahwa membeli asuransi itu akan merugikan dengan beberapa alasannya. Anda boleh setuju atau tidak, tapi bagi anda yang menolak asuransi karena merasa akan rugi ketika membeli sebuah produk asuransi, bisa jadi alasan penolakan anda benar.

Kenapa? Karena memang ada potensi ketika anda membeli sebuah asuransi bisa jadi anda menderita kerugian. Alih-alih asuransi melindungi anda dari kerugian, justru anda yang dirugikan oleh asuransi yang anda beli. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan anda dirugikan oleh asuransi, berikut beberapa kondisi yang biasanya akan membuat asuransi memberikan anda kerugian:

1. Memiliki Asuransi yang Tidak Melindungi Risiko

Bagi anda yang telah memiliki asuransi, coba kembali pada saat anda pertama kali membeli asuransi yang anda miliki saat ini. Apakah anda, saat membeli produk asuransi mempelajari betul risiko apa saja yang akan dilindungi oleh asuransi yang anda miliki seperti tertera di dalam polis? Bila anda tidak pernah melakukan ini dan hanya mendengar paparan dari agen, bisa jadi anda masuk dalam kondisi ini.

Misalnya, pertama kali anda membeli produk asuransi karena tertarik dengan perlindungan atas 99 penyakit, pernahkah anda mempelajari ke-99 penyakit tersebut berikut dengan kondisi-kondisi yang menyertainya? Bila tidak, bisa jadi pemahaman yang anda miliki tentang 99 penyakit ini berbeda dengan apa yang tercantum di dalam polis. Padahal, yang akan digunakan sebagai rujukan bisa tidaknya klaim adalah apa yang tercantum di dalam polis, bukan dari pemahaman anda atau pemaparan agen.

Sehingga, "risiko asuransi tidak melindungi risiko yang akan terjadi" sangat mungkin terjadi kepada siapapun yang telah memiliki asuransi, termasuk juga anda. Oleh karenanya, bukalah kembali polis yang anda milki, dan coba lihat apakah benar risiko yang anda takutkan dapat terjadi kepada anda dilindungi oleh asuransi yang anda miliki?

2. Membayar Premi Terlalu Besar

Apakah anda mengetahui berapa besar perlindungan dan jenis perlindungan yang anda butuhkan bagi diri (dan keluarga anda)? Bila anda tidak mengetahui hal mendasar seperti itu, bisa jadi anda terlalu besar membayar premi asuransi anda setiap bulan/tahunnya. Dan silakan anda ingat baik-baik, dengan membayar premi terlalu besar maka anda telah dirugikan oleh asuransi yang anda miliki.

Lalu muncul pertanyaan (sekaligus pernyataan), "Apanya yang rugi? Bukannya semakin bagus ya kalau premi semakin besar? Berarti perlindungannya juga semakin besar?" Apakah anda termasuk orang yang memiliki pemikiran seperti itu? Bila anda adalah orang yang memiliki pemikiran seperti itu maka jawabannya adalah: betul, anda (bisa jadi) akan mendapatkan perlindungan yang semakin besar, namun, apakah perlindungan tersebut yang anda butuhkan? Ibarat kata ukuran baju anda adalah M, lalu anda membeli baju ukuran XL, manakah yang lebih nyaman?

Bila diaplikasikan dalam hal keuangan, hal ini akan sangat berdampak kepada keuangan anda, dan bukan lagi tentang nyaman atau tidak nyaman. Premi asuransi dibayar dengan uang yang berasal cari pemasukan bulanan/tahunan anda, maka dengan membayar premi asuransi yang besar padahal perlindungannya tidak anda butuhkan artinya anda telah menyia-nyiakan uang bulanan/tahunan anda. Padahal bisa jadi uangnya bisa dipakai untuk liburan atau jalan-jalan.

3. Berinvestasi di Produk Asuransi

Meski banyak Perencana Keuangan yang telah berbagi informasi tentang kesalahan berinvestasi dalam produk Asuransi, tetap saja ada yang melakukannya. Rasa aman dan nyaman karena dijanjikan "pengembalian premi", "uang tidak hangus", sampai dengan "imbal hasil yang terlihat besar" membuat banyak orang tetap memilih untuk berinvestasi di dalam produk asuransi.

Bila anda melakukan hal ini, maka potensi kerugian yang akan diberikan oleh asuransi yang anda miliki mungkin tidak akan terasa langsung, tapi baru terasa beberapa waktu kemudian. Kerugian yang menimpa anda salah satunya adalah kerugian dari hasil investasi yang ternyata tidak terlalu besar. Bila hasil investasi yang diilustrasikan di dalam produk asuransi sebesar 12% per tahun sedangkan di dalam produk investasi langsung dengan kategori risiko yang secara historis bisa memberikan 18% per tahun, ada 6% hasil investasi yang tidak anda dapatkan. Jadi 6% itu cukup besar lho.

Sebenarnya masih banyak kondisi yang akan membuat asuransi memberikan anda kerugian, tapi tiga dulu cukup ya? Kalau mau detil bisa ikutan di kelas dan workshop yang kami rekomendasikan. Untuk workshop Kaya Raya Dengan Reksa Dana di bulan November bisa dibuka di sini. Untuk belajar mengelola gaji bulanan bisa ikut workshop CPMM, info buka di sini. Yang di Surabaya bisa cek info workshop di sini dan di sini. Sementara untuk ilmu yang lengkap, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya, info buka di sini dan di sini. Selain itu bisa juga bergabung di akun Telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan atau klik di sini.

Beberapa kondisi yang menyebabkan asuransi merugikan bagi anda itu mungkin terasa anomali. Di satu sisi asuransi akan melindungi dari kerugian, di sisi lain asuransi berpotensi memberikan kerugian bagi anda. Hal ini sebenarnya bukanlah hal yang aneh dan bisa jadi menimpa anda yang telah membeli asuransi, sehingga tiga hal tadi di atas akan sangat penting untuk diketahui bagi anda yang ingin membeli asuransi, jangan sampai anda menderita kerugian ketika membeli sebuah asuransi.

Chao! (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed