Follow detikFinance
Senin, 08 Jan 2018 13:53 WIB

Antisipasi Dampak Cerai, Suami-Istri Harus Punya Tabungan Masing-masing

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kasus perceraian diyakini akan meninggalkan dampak finansial terhadap keuangan bagi keluarga, karena akan hilangnya sumber pencari nafkah yang selama ini diandalkan.

Perencana Keuangan Safir Senduk mengatakan, untuk mengantisipasi dampak ini, kedua pasangan harus tetap memiliki tabungan masing-masing. Karena menurutnya, ada banyak kasus pasangan suami istri yang tidak memisahkan keuangannya masing-masing saat telah berkeluarga.

"Jadi suami dan istri harus punya tabungan sendiri-sendiri, atau juga rekening tabungan untuk membayar pengeluaraan bersama misalnya. Jadi kalau ada apa-apa, misalnya ada yang cedera janji, si istri tetap bisa memenuhi pengeluaran keluarganya," katanya kepada detikFinance saat dihubungi di Jakarta, Senin (8/1/2017).

Selain itu, penting pula bagi pasangan yang sudah menikah tetap memiliki investasi masing-masing alias tidak disamakan dengan kepunyaan pasangan. Tujuannya sama, yakni untuk memitigasi dampak buruk keuangan dari hal-hal seperti perceraian.

"Sebagai suami atau istri, tidak hanya punya rekening tabungan sendiri tapi juga investasi sendiri. Karena sering banget orang lupa untuk berinvestasi terhadap dirinya sendiri karena sudah berkeluarga," tutur dia.

Khusus bagi pasangan yang tidak bekerja, juga penting untuk memiliki keahlian untuk mencari uang sendiri. Hal ini juga untuk memitigasi dampak keuangan dari perceraian tadi.


"Jadi jika sewaktu-waktu dia terpaksa bercerai dan pasangannya memutuskan tidak mau meneruskan menanggung keluarga, maka dia tetap bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan. Enggak harus jadi karyawan. Bisa juga freelancer atau buka usaha sendiri," ucap Safir.

"Kalau yang mau cepat itu, bisa buka usaha sendiri. Usaha yang frekuensi jual belinya kencang tapi untungnya tipis-tipis. Misalnya jualan sembako. Atau bisnis yang orang belinya jarang tapi sekali beli untungnya gede. Misalnya jasa konsultan. Tapi kalau mau cepat untung bisa yang frekuensi jual belinya kencang tapi untungnya tipis-tipis," pungkasnya.

Salah satu tokoh yang sedang heboh gara-gara kabar perceraian adalah mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki T. Purnama. Pria yang akrab disapa Ahok itu menggugat cerai istrinya, Veronica Tan.

(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed